Jelang Libur Akhir Tahun, Dekor Ulang Dapur Anda - Kompas.com

Jelang Libur Akhir Tahun, Dekor Ulang Dapur Anda

Kompas.com - 14/11/2018, 10:26 WIB
Salah satu ilustrasi dapur tipe UThinkstock Salah satu ilustrasi dapur tipe U

KOMPAS.com - Ini pekan kedua bulan November, sebentar lagi Anda akan memasuki masa liburan panjang akhir tahun. Apakah rumah Anda termasuk salah satu destinasi tempat berkumpul keluarga pada saat itu?

Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk mempercantik hunian Anda sedini mungkin. Dimulai dari mana? Dapur, dapat menjadi salah satu pilihan pertama.

Mengapa demikian? Sukses atau tidaknya acara kumpul bareng keluarga dapat dipengaruhi faktor makanan.

Anda mungkin bisa saja order dari restoran, tetapi bagi Anda dan keluarga yang gemar memasak, maka dapur akan menjadi salah satu ruangan pusat kegiatan.

Berbicara tentang renovasi dapur, tentu akan muncul banyak pertanyaan. Apakah saya perlu membeli lemari baru? Atau, apakah saya perlu membeli peralatan makan baja tahan karat?

Untuk meminimalisir kesalahan serta over budget pengeluaran, Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Perhatikan aturan

Ini bukan hanya sekedar desain atau warna apa yang cocok untuk diaplikasikan pada dapur Anda. Tetapi lebih kepada aturan standar bangunan yang berlaku pada masing-masing wilayah.

Misalnya, apakah Anda perlu menggunakan kipas ventilasi udara atau perlu menambah lubang hingga jendela sebagai jalur sirkulasi udara.

Aturan-aturan ini sangat penting diketahui selama Anda merenovasi dapur terebut.

2. Letak pintu dan laci penyimpanan

Beberapa desainer interior mungkin akan menyarankan untuk mengubah letak handle pintu atau laci penyimpanan yang Anda miliki. Ini adalah cara paling praktis untuk mengubah tampilan dapur Anda.

Namun, salah satu bagian yang paling rumit adalah ketika mendesain handle pintu lemari dan bagian laci depan agar tetap tampak elegan.

Anda mungkin menemukan satu pegangan yang berfungsi untuk semua lemari Anda, tetapi Anda mungkin juga memerlukan dua atau bahkan tiga gaya koordinasi untuk mengatasi semua ukuran yang berbeda.

Setelah memilih perangkat yang diinginkan, Anda juga perlu mempertimbangkan dengan seksama, kemana bagian tersebut harus diinstal agar mencapai konsistensi visual terbaik.

3. Pertimbangkan bentuk sudut meja

Nampak sederhana, tetapi ini penting. Anda mungkin mendapati sudut meja berbentuk tajam. Sebagai penggantinya, Anda dapat memasang kaca atau mungkin marmer yang bagian sudutnya dibentuk melengkung atau melebar.

Ini adalah cara sederhana untuk menghadirkan daya tarik populer pada dapur kontemporer karena sifatnya yang modern dan sederhana.

4. Sentuhan akhir

Memilih perlengkapan makan sama dengan berbicara tentang sentuhan akhir. Apakah Anda memilih mempertahankan penggunaan sendok dan garpu berbahan dasar baja nirkarat? Atau justru menggunakan bahan kuningan yang lebih hangat atau dramatis?

Pilihan tersebut ada di tangan Anda sepenuhnya. Bila Anda bingung, mungkin Anda dapat sedikit riset atas kegemaran tamu-tamu Anda yang akan hadir.

Atau, cara paling gampang yaitu mengkombinasikannya.

5. Memilih wastafel

Berencana mengganti wastafel Anda yang sudah kuno? Ini adalah salah satu renovasi yang cukup mahal, karena itu perlu dipikirkan secara matang.

Wastafel yang tertanam dengan laci penyimpanan biasanya lebih mudah saat digunakan karena area sekitarnya bersih.

Selain itu, bila ada remah-remah makanan atau kotoran di sekitarnya dapat dibersihkan dengan mudah.



Close Ads X