Mudahnya Merancang Rumah Sekaligus Kantor - Kompas.com

Mudahnya Merancang Rumah Sekaligus Kantor

Kompas.com - 13/11/2018, 18:00 WIB
Ilustrasi kantor rumahFresh Home Ilustrasi kantor rumah

KOMPAS.com - Rumahmu istanamu. Itu adalah ungkapan yang mafhum didengar untuk menggambarkan kondisi hunian Anda. Namun kini, adagium tersebut kian berkembang.

Rumah tak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga pusat kendali operasi bisnis Anda. Hal ini berlaku bila Anda menjalankan sebuah perusahaan start up atau usaha lainnya dari rumah.

Hal serupa juga berlaku bila Anda pekerja kantoran yang memutuskan untuk membawa pekerjaan menumpuk di kantor ke rumah pada saat-saat tertentu.

Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang sempurna, tentu Anda perlu mendapat dukungan yang tepat dari lingkungan di sekitarnya. Tak terkecuali desain 'kantor rumahan' Anda.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merancang kantor rumahan yang nyaman:

1. Pilihlah secara hati-hati

Ketika menjadikan salah satu ruangan di rumah sebagai kantor pribadi, maka pertimbangkan untuk mencari sudut yag minim kebisingan.

Misalnya, hindari ruangan yang dekat dengan jalan, karena Anda akan mendengar suara kendaraan, orang berjalan atau berjualan, hingga anak-anak bermain.

Bila Anda memiliki anak kecil, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mencari ruangan yang memudahkan untuk mengawasi mereka ketika bermain.

2. Gunakan pendekatan minimalis

Pilihlah cat tembok yang warnanya menyesuaikan kepribadian Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kebersihannya serta membuat pikiran Anda tetap jernih.

Selain itu, gunakan barang-barang minimalis untuk meja, kursi, dan lemari. Karena fokus Anda adalah laptop, printer atau pemindai nirkabel yang memudahkan kinerja Anda.

3. Minimalisasi penggunaan kabel

Anda dapat menggunakan perangkat nirkabel untuk menjaga pandangan terhadap kabel yang berantakkan.

Namun, bila Anda harus terpaksa menggunakan kabel, maka Anda dapat mengakalinya dengan mengatur letaknya dengan menggunakan pipa PVC dan ditempel pada tembok.

Hal ini cukup efektif untuk menjaga lingkungan kerja Anda tetap rapi.

4. Minimalisasi penggunaan kertas

Di jaman serba digital, menyusun rencana kerja pun sebenarnya dapat dilakukan tanpa menggunakan kertas.

Menggunakan dokumen digital juga memungkinkan Anda untuk memindai, memusnahakn, serta mencegah penggunaan lebih lanjut dari kertas.

Dengan demikian, Anda dapat menyelamatkan bumi ini pada saat bersamaan.

5. Go green

Menggunakan elemen hijau pada ruangan kerja dapat membantu mengatasi rasa lelah pada mata.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti menaruh tanaman hijau pada meja hingga mengecat salah satu bagian dengan warna hijau.

Dengan demikian, mata Anda yang lelah akan terasa sedikit rileks.



Close Ads X