"Command Center", Langkah Awal Menuju Kota Pintar

Kompas.com - 13/11/2018, 11:51 WIB
Petugas mengamati layar-layar di Bandung Command Center di kompleks Balai Kota Bandung, Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/3). Bandung Command Center merupakan sistem terpadu pemantau kondisi Kota Bandung untuk pengambilan tindakan yang tepat dan cepat terhadap permasalahan atau pengaturan kota.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Petugas mengamati layar-layar di Bandung Command Center di kompleks Balai Kota Bandung, Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/3). Bandung Command Center merupakan sistem terpadu pemantau kondisi Kota Bandung untuk pengambilan tindakan yang tepat dan cepat terhadap permasalahan atau pengaturan kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Integrasi teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat tak dapat dihindari. Bahkan akhir-akhir ini konsep smart city atau kota pintar semakin mengemuka.

Hampir setiap kota di dunia berlomba-lomba menjadi yang paling depan dalam mengintegrasikan produk teknologi informasi, tak terkecuali di Indonesia.

Menuju smart city, beberapa kota di Indonesia telah melengkapi dirinya dengan pusat kendali berbasis teknologi informasi atau yang dikenal sebagai command center, seperti:

Bandung Command Center

Layanan ini merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan publik yang menyediakan berbagai informasi di lingkup pemerintahan.

Sama seperti Tangerang LIVE Room, ruangan ini difungsikan sebagai tempat untuk memonitor semua aktivitas di Kota Bandung.

Baca juga: Seperti Apa Perkembangan Smart City di Indonesia?

Salah satu layanan unggulannya adalah X-Igent Panic Button. Aplikasi ini dapat mengirimkan informasi darurat kepada kerabat terdekat secara cepat. Pesan darurat juga akan diteruskan ke Bandung Command Center.

Cerdas Command Center

Pemerintah Kota Manado juga tak ingin ketinggalan tren smart city dengan meluncurkan Cedas Command Center (C3). Ruangan ini berfungsi untuk memantau berbagai aktivitas masyarakat dan pemerintahan.

OGAN LOPIAN Purwakarta

Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga telah memiliki command center yang diberi nama OGAN LOPIAN.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X