Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Natal Lewat Tol Jakarta-Surabaya Cukup 12 Jam

Kompas.com - 12/11/2018, 11:26 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan Tol Trans-Jawa ditargetkan dapat beroperasi hingga Surabaya pada akhir tahun ini. Dari total panjang 870 kilometer, saat ini yang telah beroperasi baru 640 kilometer.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menuturkan, kehadiran Tol Trans-Jawa akan memangkas waktu tempuh perjalanan cukup signifikan.

Saat ini, bila menggunakan jalan nasional, waktu tempuh perjalanan bisa mencapai 20 jam. Namun, dengan hadirnya tol ini waktu tempuh dapat menjadi 12 jam saja.

Baca juga: Mudik Natal, Bisa Lewat Tol Semarang-Solo Tanpa Putus

"Idealnya Jakarta-Surabaya 10-12 jam. Dari Jakarta-Surabaya sekitar 800 km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam mungkin hanya 8 jam," kata Desi dalam keterangan tertulis, Senin (12/11/2018).

Meski demikian, para pengguna jalan juga harus memperhitungkan kemampuan dalam mengemudi kendaraan dan memanfaatkan waktu untuk beristirahat di tempat istirahat yang telah disediakan.

"Jadi ya bisa 10-12 jam-lah paling lama. Kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar aman," kata dia.

Hingga kini masih ada sekitar lima ruas tol sepanjang 230 kilometer sampai Surabaya yang belum beroperasi. Ditargetkan, kelima ruas tersebut akan dibuka penuh sebelum minggu kedua Desember 2018.

Kelima ruas yang dimaksud yakni Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer, Tol Pemalang-Batang sepanjang 33 kilometer, Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, Tol Salatiga-Solo sepanjang 32 kilometer, dan Tol Wilangan-Kertosono sepanajng 39 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com