Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Perkemahan Mewah di Tengah Hutan Kanada

Kompas.com - 10/11/2018, 08:55 WIB
Rosiana Haryanti,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Firma arsitektur asal Kanada, Bourgeois/Lechasseur Architects, merancang perkemahan eksklusif di tengah hutan di Quebec, tepatnya di gunung di Petite-Rivière-St-François, sebuah kotamadya yang dekat dengan arena ski Le Massif de Charlevoix.

Tempat ini menawarkan panorama pegunungan dan Sungai Saint Lawrence dari kejauhan. Dalam satu kawasan perkemahan tersebut, hanya terdapat tiga tenda.

"Tiga kubah tersebut berpadu harmonis dengan alam," ujar pihak Bourgeois/Lechasseur.

Ketika merancang perkemahan ini, Bourgeois/Lechasseur Architects menginginkan tempat yang ramah lingkungan dan tidak merusak keseimbangan alam sekitar.

Layaknya tenda pada umumnya, struktur kubah kemudian ditutup oleh kain yang terbuat dari bahan PVC. Bourgeois/Lechasseur architects Layaknya tenda pada umumnya, struktur kubah kemudian ditutup oleh kain yang terbuat dari bahan PVC.
Setiap tenda di tempat ini dirancang seperti kubah yang dapat menampung hingga empat orang. Salah satu sisi kubah dibuat menempel ke sisi bukit, sedangkan rangka struktur kubah terbuat dari besi tipis.

Baca juga: Sensasi Kemah Mewah di Perkemahan Suncheon

Sementara untuk mengakomodasi kebutuhan lain pengunjung, sebuah kota besi itempatkan di tengah struktur tenda. Bourgeois/Lechasseur architects Sementara untuk mengakomodasi kebutuhan lain pengunjung, sebuah kota besi itempatkan di tengah struktur tenda.
Struktur kubah terdiri dari kisi-kisi segitiga. Setiap kisi terbuat dari material yang ringan, tetapi di sisi lain juga kuat.

Layaknya tenda pada umumnya, struktur kubah kemudian ditutup oleh kain berbahan PVC.

Agar dapat bertahan saat musim dingin, kain tersebut diberi tambahan lapisan insulasi ekstra.

Selain itu, agar pengunjung tetap merasa nyaman, kain penutup didesain dengan jendela.

Saat dibuka, pengunjung akan langsung disajikan dengan pemandangan sisi bukit dan Sungai Saint Lawrence dari kejauhan.

Interior tenda dihias dengan warna monokrom yang menegaskan kesan mewah dari tempat tersebut.

Sementara untuk mengakomodasi kebutuhan lain pengunjung, sebuah kotak besi ditempatkan di tengah struktur tenda. Kotak ini berisi dua ruangan yang berfungsi sebagai dapur dan kamar mandi.

Setiap tenda dilengkapi dengan mezanine yang juga berfungsi sebagai tempat tidur tambahan. Bourgeois/Lechasseur architects Setiap tenda dilengkapi dengan mezanine yang juga berfungsi sebagai tempat tidur tambahan.
Setiap tenda dilengkapi dengan mezanin yang juga berfungsi sebagai tempat tidur tambahan. Area ini dapat diakses dengan tangga kayu, sedangkan area kamar tidur utama berada di bawah.

Di luar tenda, tersedia dek khusus yang dapat difungsikan sebagai tempat berkumpul atau sekadar makan malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com