Kompas.com - 09/11/2018, 12:35 WIB
Kondisi di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018. MAULANA MAHARDHIKAKondisi di Gerbang Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (2/6/2018). Perawatan dilakukan guna persiapan arus mudik 2018. Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua seksi terakhir Tol Pejagan-Pemalang, yakni Seksi 3 dan 4 (Brebes Timur-Sewaka), resmi beroperasi. Pengoperasian ini dilakukan bersamaan dengan peresmian sebagian ruas Tol Pemalang-Batang Seksi 1 (Segmen Sewaka-SS Pemalang).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, saya resmikan Jalan Tol Brebes Timur-Sewaka dan Jalan Tol Pemalang-Batang Segmen Sewaka-SS Pemalang," kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol tersebut, Jumat (9/11/2018) di Gerbang Tol Tegal, Jawa Tengah.

Presiden mengungkapkan, dalam empat tahun terakhir pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur guna menunjang konektivitas antar-wilayah, baik itu antar kepulauan, antar-provinsi, maupun antar-kabupaten/kota.

Berbagai upaya yang terus dilakukan yaitu dengan membangun jalan tol, jalan nasional, pelabuhan, dan bandara.

"Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau mulai terhubung," ujar Presiden.

Baca juga: Hari Ini, Presiden Resmikan Tol Pejagan-Pemalang Pukul 10.30 WIB

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, pembangunan infrastruktur konektivitas memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Salah satunya pertumbuhan pusat-pusat perekonomian baru di berbagai wilayah yang selama ini belum tersentuh.

"Oleh karena itu, kita harapkan keadilan sosial dan pemerataan akan semakin nyata di semua pulau yang kita miliki," ucap Presiden.

Dengan peresmian ini, Presiden berharap agar jalur distribusi barang dan jasa serta masyarakat akan semakin lancar.

"Tadi saya diberikan laporan oleh Dirjen bahwa di Pulau Jawa ini dari 870 kilometer jalan tol dari Merak-Banyuwangi telah diselesaikan 640 kilometer. Sebentar lagi dari Merak ke Surabaya di minggu kedua Desember (beroperasi)," tutup Presiden.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.