Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Presiden Resmikan Tol Pejagan-Pemalang Pukul 10.30 WIB

Kompas.com - 09/11/2018, 10:12 WIB
Dani Prabowo,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua seksi terakhir Tol Pejagan-Pemalang akan diresmikan pada hari ini, Jumat (9/11/2018). Dengan peresmian ini, tol sepanjang 57,5 kilometer tersebut dapat beroperasi sepenuhnya.

"Rencananya (peresmian) pukul 10.30 WIB oleh Presiden Joko Widodo," ungkap Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja kepada Kompas.com, Jumat pagi.

Kehadiran jalan tol ini diyakini akan semakin mempercepat mobilitas masyarakat serta arus barang dan jasa yang hendak menuju wilayah tengah dan timur Pulau Jawa.

Pasalnya, masyarakat dapat mengakses jalan tol sepenuhnya mulai dari Jakarta hingga Pemalang sepanjang 306,5 kilometer tanpa perlu ke luar jalan arteri atau Jalur Pantura.

"Dengan beroperasinya tol ini, Jakarta-Pemalang cukup 4 jam. Dengan rata-rata kecepatan 70 km per jam dengan catatan kondisi lancar," kata Endra.

Baca juga: Wajib Baca: Peresmian Tol Pejagan-Pemalang dan Prediksi Properti Jelang Pilpres 2019

Adapun ruas yang hendak diresmikan Presiden yaitu Seksi 3 dan 4 mulai dari Brebes Timur hingga Sewaka di Pemalang sepanjang 37,3 kilometer.

Sementara itu, dua seksi pertama, yaitu Seksi 1 dan 2 Pejagan-Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer, telah beroperasi sejak Juni 2016.

Jalan tol yang dibangun dengan anggaran Rp 7,62 triliun ini akan dioperasikan oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, anak usaha PT Waskita Toll Road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com