Alibaba Group dan Swire Properties Luncurkan Gerai Ritel Interaktif - Kompas.com

Alibaba Group dan Swire Properties Luncurkan Gerai Ritel Interaktif

Kompas.com - 08/11/2018, 10:00 WIB
Alibaba?s 11.11 Global Shopping Festival Retailnews.asia Alibaba?s 11.11 Global Shopping Festival


KOMPAS.com - Alibaba Group melalui anak usahanya, Tmall, bekerja sama dengan Swire Properties untuk meluncurkan gerai ritel model baru.

Di gerai ritel itu, pengunjung bisa menikmati pengalaman berbelanja yang berbeda dan interaktif di lima pusat perbelanjaan milik Swire Properties di China.

Salah satu wujud dari kemitraan ini bisa dirasakan oleh masyarakat di Beijing dalam penyelenggaraan 11.11 Global Shopping Festival Alibaba pada Minggu (11/11/2018) di Taikoo Li Sanlitun, Beijing.

Pusat perbelanjaan ini merupakan yang pertama di China menggelar Festival 11.11 dengan promosi khusus.

Swire Properties akan menghadirkan teknologi ritel baru Tmall di lima pusat perbelanjaan, yaitu Taikoo Li Sanlitun dan Indigo di Beijing, HKRI Taikoo Hui di Shanghai, Taikoo Hui di Guangzhou, dan Sino-Ocean Taikoo Li di Chengdu.

Baca juga: Alibaba Tawarkan Pengalaman Berbelanja Serba Canggih

Ada berbagai jenis layanan baru yang dikenalkan di lima mal tersebut, yakni Tmall Smart Stores, Tmall Pop-Up Store, Booth Photo Engagement Idol Interactive, Smart Nursery Room, dan Smart Parking Service.

Pada layanan Tmall Smart Stores, pengunjung bisa menikmati pengalaman belanja secara online dan offline, mulai dari pemesanan hingga pengiriman barang.

Dengan mendaftar sebagai anggota, pelanggan dapat langsung menerima informasi detail tentang promosi terbaru dan menikmati layanan lainnya hanya dengan menggunakan perangkat digital mereka.

Kemudian, layanan Tmall Pop-Up Store akan dibuka toko interaktif yang menampilkan teknologi mutakhir di Taikoo Li Sanlitun.

Promosi sembilan hari selama Festival 11.11 itu akan menawarkan pengalaman yang lebih akrab dan mendalam kepada para pembeli.

Sementara itu, di layanan Booth Engagement Photo Idol Interactive, pengunjung memiliki kesempatan seolah-olah berinteraksi dan berfoto bersama idola mereka. Layanan ini adalah tempat yang pertama di China.

Kemudian, layanan Smart Nursery Room menawarkan ruang santai dan pribadi bagi para ibu untuk menyusui bayinya di pusat perbelanjaan.

Disediakan pula mesin otomatis yang menjual berbagai barang kebutuhan penting untuk perawatan kesehatan bayi.

Terakhir, layanan Smart Parking Service. Layanan ini terhubung dengan sistem pembayaran daring Alipay. Cara kerjanya yakni pelat nomor mobil pengunjung tercatat di mesin layanan tersebut, lalu pembayaran biaya parkir melalui pemotongan saldo pengemudi di Alipay.

Kehadiran layanan ini dinilai bisa menghemat 80 persen waktu bagi pengemudi dari waktu yang biasanya dihabiskan untuk membayar parkir dan keluar dari area parkir mobil.

"Di Swire Properties, kami selalu mencari cara baru untuk berinovasi dan mengintegrasikan teknologi terbaru ke dalam bisnis kami sehingga kami dapat menghadirkan pengalaman unik kepada pelanggan kami," kata Direktur Ritel Swire Properties, Han Zhi, seperti diwartakan Retailnews.asia, Rabu (7/11/2018).

Menurut dia, kolaborasi dengan Tmall adalah contoh kuat dari digitalisasi. Dengan memanfaatkan teknologi daring dan data yang berkembang pesat, tujuan untuk merealisasikan pengalaman belanja di gerai ritel model baru bisa terwujud.

Dia menambahkan, tahun ini merupakan ulang tahun ke-10 Taikoo Li Sanlitun dan Alibaba 11.11 Global Shopping Festival. Keduanya telah mengalami perkembangan pesat dalam satu dekade terakhir.

"Kami yakin bahwa kemitraan kami ini merupakan pencapaian bersejarah dan akan menjadi tonggak baru di industri kami masing-masing dan di dunia digital,” pungkas Zhi.



Close Ads X