10 Jembatan Pejalan Kaki Terindah di Dunia

Kompas.com - 07/11/2018, 20:40 WIB
Gateshead Millenium Bridge Olaf Protze/Getty ImagesGateshead Millenium Bridge

KOMPAS.com - Jembatan bagi pejalan kaki merupakan salah satu fasilitas penunjang yang biasanya ada di setiap kota. Pejalan kaki dan pengendara motor berbagi jalan yang sama, tak terkecuali dengan jembatan.

Beberapa kota memiliki jembatan khusus bagi pejalan kaki dan pesepeda dengan desain yang unik dan tak biasa. Pengunjung pun juga dapat merasakan keindahan dan keunikan arsitektur jembatan itu. 

Berikut ini jembatan untuk pejalan kaki di berbagai kota di dunia:

Gateshead Millennium Bridge

Firma arsitektur Wilkinson Eyre merancang jembatan dengan desain melengkung yang melintasi Sungai Tyne. Jembatan ini menghubungkan Gateshead Quays dan Newcastle, Inggris.

Desain jembatan ini menjadi atraksi utama karena desainnya yang tak biasa. Jembatan putih ini dirancang dengan bentuk yang melengkung.

Tak hanya jembatan, pada bagian atas terdapat struktur lengkungan yang menambah keunikan bangunan ini. Pejalan kaki yang melintas juga dimanjakan dengan pemandangan dari deretan kapal yang melewati berlayar di sepanjang aliran sungai.

Scale Lane Bridge

Scale Lane Bridgearchitecturaldigest Scale Lane Bridge
Inggris lagi-lagi memiliki jembatan dengan desain melengkung yang unik. Tak seperti saudaranya di Gateshead, Jembatan Scale Lane Bridge ini didesain dengan warna hitam. Uniknya, struktur jembatan dapat dipindah, khususnya saat akan dilalui oleh kapal-kapal besar.

Pada bagian tengah jembatan, arsitek Nayan Kulkarni dari firma McDowell+Benedetti menambahkan sebuah instalasi yang juga berfungsi sebagai penanda ketika jembatan akan bergerak.

Ponte Segunda Circular

Ponte Segunda CircularJoao Morgado - Architecture Photography Ponte Segunda Circular
Jembatan khusus pejalan kaki ini tidak melintasi sungai, tetapi berada di atas jalan di Lisbon, Portugal.

Didesain oleh MXT Studio, jembatan ini menjadi penghubung antara pejalan kaki dan pesepeda. Keunikan jembatan ini terletak pada jumlah jalurnya. Jembatan yang didominasi warna oranye ini menghubungkan dua sisi jalan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X