Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jembatan Pejalan Kaki Terindah di Dunia

Kompas.com - 07/11/2018, 20:40 WIB
Rosiana Haryanti,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jembatan bagi pejalan kaki merupakan salah satu fasilitas penunjang yang biasanya ada di setiap kota. Pejalan kaki dan pengendara motor berbagi jalan yang sama, tak terkecuali dengan jembatan.

Beberapa kota memiliki jembatan khusus bagi pejalan kaki dan pesepeda dengan desain yang unik dan tak biasa. Pengunjung pun juga dapat merasakan keindahan dan keunikan arsitektur jembatan itu. 

Berikut ini jembatan untuk pejalan kaki di berbagai kota di dunia:

Gateshead Millennium Bridge

Firma arsitektur Wilkinson Eyre merancang jembatan dengan desain melengkung yang melintasi Sungai Tyne. Jembatan ini menghubungkan Gateshead Quays dan Newcastle, Inggris.

Desain jembatan ini menjadi atraksi utama karena desainnya yang tak biasa. Jembatan putih ini dirancang dengan bentuk yang melengkung.

Tak hanya jembatan, pada bagian atas terdapat struktur lengkungan yang menambah keunikan bangunan ini. Pejalan kaki yang melintas juga dimanjakan dengan pemandangan dari deretan kapal yang melewati berlayar di sepanjang aliran sungai.

Scale Lane Bridge

Scale Lane Bridgearchitecturaldigest Scale Lane Bridge
Inggris lagi-lagi memiliki jembatan dengan desain melengkung yang unik. Tak seperti saudaranya di Gateshead, Jembatan Scale Lane Bridge ini didesain dengan warna hitam. Uniknya, struktur jembatan dapat dipindah, khususnya saat akan dilalui oleh kapal-kapal besar.

Pada bagian tengah jembatan, arsitek Nayan Kulkarni dari firma McDowell+Benedetti menambahkan sebuah instalasi yang juga berfungsi sebagai penanda ketika jembatan akan bergerak.

Ponte Segunda Circular

Ponte Segunda CircularJoao Morgado - Architecture Photography Ponte Segunda Circular
Jembatan khusus pejalan kaki ini tidak melintasi sungai, tetapi berada di atas jalan di Lisbon, Portugal.

Didesain oleh MXT Studio, jembatan ini menjadi penghubung antara pejalan kaki dan pesepeda. Keunikan jembatan ini terletak pada jumlah jalurnya. Jembatan yang didominasi warna oranye ini menghubungkan dua sisi jalan.

Jika jembatan penyeberangan biasa hanya memiliki satu jalur, maka Jembatan Ponte Segunda Circular ini dibangun dengan lima sisi.

Peace Bridge

Peace BridgeAlamy Stock Photo Peace Bridge
Jembatan yang dibangun di atas aliran Sungai Bow di Calgary ini menghubungkan area residensial dengan wilayah pusat kota. Bagian tengah jembatan dirancang khusus bagi pesepeda, sedangkan para pejalan kaki dapat menyeberang di sisi kanan dan kiri dalam jembatan.

Warna putih dan merah yang menghias jembatan menggambarkan warna dominan bendera Kanada.

The Jetty to Mont-Saint-Michel

The Jetty to Mont-Saint-MichelMathias Neveling The Jetty to Mont-Saint-Michel
Jembatan penyeberangan ini dirancang oleh firma Dietmar Feichtinger Architects. Jembatan yang dibangun dengan panjang hampir satu kilometer ini menghubungkan daratan Perancis dengan situs bersejarah UNESCO.

The Luchtsingel

The LuchtsingelOssip van Duivenbode The Luchtsingel
Satu keunikan yang bisa ditemukan di jembatan ini adalah struktur berbentuk lingkaran yang ada di tengah-tengah jalur. Struktur jembatan yang terbuat dari kayu ini mempertemukan semua sisi jembatan dalam satu wilayah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com