Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Jembatan Pejalan Kaki Terindah di Dunia

Beberapa kota memiliki jembatan khusus bagi pejalan kaki dan pesepeda dengan desain yang unik dan tak biasa. Pengunjung pun juga dapat merasakan keindahan dan keunikan arsitektur jembatan itu. 

Berikut ini jembatan untuk pejalan kaki di berbagai kota di dunia:

Gateshead Millennium Bridge

Firma arsitektur Wilkinson Eyre merancang jembatan dengan desain melengkung yang melintasi Sungai Tyne. Jembatan ini menghubungkan Gateshead Quays dan Newcastle, Inggris.

Desain jembatan ini menjadi atraksi utama karena desainnya yang tak biasa. Jembatan putih ini dirancang dengan bentuk yang melengkung.

Tak hanya jembatan, pada bagian atas terdapat struktur lengkungan yang menambah keunikan bangunan ini. Pejalan kaki yang melintas juga dimanjakan dengan pemandangan dari deretan kapal yang melewati berlayar di sepanjang aliran sungai.

Pada bagian tengah jembatan, arsitek Nayan Kulkarni dari firma McDowell+Benedetti menambahkan sebuah instalasi yang juga berfungsi sebagai penanda ketika jembatan akan bergerak.

Didesain oleh MXT Studio, jembatan ini menjadi penghubung antara pejalan kaki dan pesepeda. Keunikan jembatan ini terletak pada jumlah jalurnya. Jembatan yang didominasi warna oranye ini menghubungkan dua sisi jalan.

Jika jembatan penyeberangan biasa hanya memiliki satu jalur, maka Jembatan Ponte Segunda Circular ini dibangun dengan lima sisi.

Warna putih dan merah yang menghias jembatan menggambarkan warna dominan bendera Kanada.

Tak tanggung-tanggung, desain jembatan ini digarap oleh firma arsitektur Belanda, ZUS. Selain itu, pembangunan jembatan yang menghubungkan bagian utara dengan pusat distrik di Rotterdam ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Jembatan sepanjang 400 meter tersebut dibangun dengan biaya hasil dari pengumpulan dana warga setempat.

Masing-masing jalur itu diperuntukkan bagi pejalan kaki dan pesepeda. Jalur melengkung berada di atas merupakan jalan pejalan kaki, sedangkan jalur yang ada di bawahnya merupakan tempat khusus bagi pesepeda.

Webb Bridge

Seperti namanya, bentuk jembatan ini dibuat serupa dengan jaring laba-laba. Ketika memasuki jembatan ini, pejalan kaki serta pesepeda seolah dibawa ke sebuah lorong panjang.

Struktur jembatan baja sendiri juga dibuat berkelok sehingga penyeberang dapat menikmati keindahan bangunan dan serta lingkungan sekitar Melbourne.

https://properti.kompas.com/read/2018/11/07/204009521/10-jembatan-pejalan-kaki-terindah-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke