Hadir di Timur Jakarta, Gerai IKEA Kedua Mulai Dibangun di JGC - Kompas.com

Hadir di Timur Jakarta, Gerai IKEA Kedua Mulai Dibangun di JGC

Kompas.com - 07/11/2018, 16:12 WIB
Peresmian groundbreaking IKEA Jakarta Garden City, Rabu (7/11/2018)Kompas.com/DANI PRABOWO Peresmian groundbreaking IKEA Jakarta Garden City, Rabu (7/11/2018)

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Peritel perabotan rumah tangga asal Swedia, IKEA, memulai pembangunan gerai pertamanya di Jakarta Garden City ( JGC), Cakung, Jakarta Timur, Rabu (7/11/2018). Ini merupakan gerai kedua yang dibangun di Indonesia, setelah sebelumnya di Alam Sutera.

Sama seperti di Alam Sutera, IKEA di JGC juga akan dioperasikan oleh PT Hero Supermarket Tbk (HERO) selaku operator resmi pemegang waralaba IKEA Indonesia yang memperoleh lisensi eksklusif dari Inter-IKEA System BV.

Presiden Direktur HERO Patrik Lindvall mengungkapkan, JGC sengaja dipilih untuk mengimbangi kehadiran IKEA di wilayah barat Jakarta.

"Kami tetap ingin berada dekat dengan Jakarta supaya lebih aksesibel, lebih mudah dijangkau oleh orang Jakarta. Saat ini kami sudah memiliki lokasi yang dekat dengan barat, tetapi belum ada yang di timur. Selain itu, lokasinya cukup strategis," kata Lindvall menjawab pertanyaan Kompas.com, Rabu siang di Jakarta.

Berada tepat di seberang AEON JGC, proyek IKEA JGC akan dibangun di atas lahan seluas 3,7 hektar dengan luas bangunan 89.000 meter persegi. Lahan tersebut dibeli dari PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty Tbk, pengembang JGC.

Baca juga: Sambut HUT Ke-73 RI, IKEA Gelar Aneka Lomba

Rencananya, IKEA JGC akan dibangun dua lantai, di mana pada lantai bawah terdapat area 1.000 meter persegi yang disediakan khusus bagi kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi binaan Pemkot Jakarta Timur.

Sama seperti di Alam Sutera, IKEA JGC juga akan menyediakan area foodcourt yang menyuguhkan makanan khas Swedia serta makanan khas Indonesia secara umum. Proses konstruksinya memakan waktu lebih kurang dua tahun dan akan dibuka pada Oktober 2020.

"Untuk investasi, yang kami bicarakan di sini bukan dalam nilai uang, tapi kami bicara jangka panjang," ujar Lindvall.

Selama masa pembangunan, ia menambahkan, ada sekitar 400 co-workers dan 1.000 tenaga kerja yang akan mengerjakan proses tersebut.

Untuk diketahui, hingga 2018, IKEA telah mengoperasikan lebih dari 400 gerai di 52 negara. Total penjualan yang telah berhasil dibukukan mencapai 38 miliar euro atau sekitar Rp 569 triliun.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk Freddy Chan menilai, kehadiran IKEA akan memberikan nilai tambah di kawasan JGC, selain AEON Mall yang telah beroperasi sebelumnya.

"IKEA ikut mendukung terwujudnya Jakarta Garden City menjadi kawasan hunian modern berkualitas yang memiliki fasilitas lengkap. Ke depan, kami akan terus menambah fasilitas di JGC," ucap Freddy.



Close Ads X