Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mastery, Mahakarya Tiga Maestro

Kompas.com - 21/10/2018, 11:34 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Crown Group, pengembang Australia yang dirintis duet Indonesia Iwan Sunito-Paul Sathio, kembali merilis proyek baru.

Menggandeng tiga arsitek ternama Kengo Kuma, Koichi Takada, dan Silvester Fuller, Crown Group mempersembahkan Mastery, di kawasan Waterloo, Sydney.

Baca juga: Sah, Crown Group Lansir Megaproyek Rp 7 Triliun di Ancol

Menurut Komisaris dan CEO Crwon Group Iwan Sunito Mastery akan menjadi mahakarya sekaligus tengara Kota Sydney untuk berkompetisi dengan kota-kota besar lainnya di dunia.

Dipilihnya legenda dan maestro Tokyo, Kengo Kuma, untuk mendesain Menara C dengan 19 lantai tak lain karena Mastery adalah signature proyek dari Crown Group.

"Kengo memiliki ide unik desain eksterior 'hutan susun' yang didominasi kayu untuk merevolusi cakrawala Waterloo," kata Iwan, Jumat (19/10/2018).

Dilengkapi kolam renang atap kantilever, pusat kebugaran, spa, lounge bagi para penghuninya dan bioskop mini. Seluruh fasilitas ini dirancang Koichi Takada.

Hutan kota adalah pusat dari tema bangunan Mastery, dirancang untuk menghubungkan para penghuninya dengan alam, dan menghidupkan salah satu keyakinan utama Kengo Kum.a

“Selalu ada hubungan antara alam dengan manusia, tetapi arsitektur yang baik tidak berusaha untuk memperbaiki alam. Sebaliknya, ia bergerak dengan alam, selalu membina dengan baik hubungan tersebut," tutur Iwan.

Tiga menara hunian lain menampilkan karya Koichi Takada, sementara menara hunian kelima dan terakhir dikerjakan oleh Sylvester Fuller, arsitek ternama asal Australia.

Mastery terdiri dari 384 unit dengan harga mulai dari Rp 7,5 miliar. Untuk pasar Indonesia, Iwan membidik penjualan senilai Rp 200 miliar. 

Penjualan secara resmi akan dimulai pada 17 November 2018 dan konstruksi ditargetkan rampung tiga tahun kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com