Konstruksi Restoran Bawah Laut Pertama Eropa Segera Rampung

Kompas.com - 14/10/2018, 10:56 WIB
Rendering desain restoran bawah laut rancangan Snøhetta.www.archdaily.com Rendering desain restoran bawah laut rancangan Snøhetta.

KOMPAS.com - Konstruksi restoran bawah laut pertama di dataran Eropa dalam waktu dekat segera rampung.

Berada lima meter di bawah permukaan Laut Utara, dekat dengan kawasan paling ujung selatan Norwegia, restoran yang memiliki struktur sepanjang 33,5 meter itu dirancang tim arsitek kawakan negera tersebut, Snøhetta.

Lempengan beton berbentuk miring layaknya periskop cekung, mulai direndam pada Juli 2018.

Saat ini para pekerja sedang menyelesaikan bagian interior, untuk mengantisipasi pembukaan yang ditargetkan pada musim semi 2019.

Restoran bernama Under tersebut ditargetkan dapat menampung 100 tamu dengan total luas area internal sekitar 500 meter persegi, yang diatur dalam tiga tingkat.

Restoran ini menawarkan pemandangan bawah laut yang unik dari lingkungan laut yang ada sekitarnya melalui panorama kaca sepanjang 11 meter.

Konstruksi restoran bawah laut pertama di Eropa.CNN Konstruksi restoran bawah laut pertama di Eropa.

Dibangun sejak enam bulan lalu, konstruksi pertama digarap di atas sebuah kapal tongkang yang berjarak sekitar 600 meter dari pantai.

Untuk menenggelamkan struktur, dibutuhkan sekitar 18 penahan berisi air yang dipasang pada salah satu bagian.

"Itu adalah operasi yang rumit. Karena izin untuk bertemu dengan baut hanya dua inci," kata arsitek senior Snøhetta, Rune Grasdal.

Lebih dari separuh bagian bangunan terendam. Untuk mengakses ke dalam, para tamu akan diberikan jalan akses berupa pintu kaca yang menjembatani celah antara pantai dan pintu masuk.

Adapun struktur di bagian bawah terbuat dari beton bertulang guna menahan kerasnya permukaan garis pantai Norwegia.

"Masalah pertama adalah tekanan air, karena kami berada lima meter di bawah permukaan. Tetapi tantangan terbesar adalah gelombang," ungkap Grasdal.

Halaman:



Close Ads X