Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Huntara di Palu Segera Ditentukan

Kompas.com - 08/10/2018, 12:14 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun hunian sementara (huntara) bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Mengenai lokasinya, Kementerian PUPR saat ini sedang membahasnya bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) serta pemerintah daerah setempat, dan akan ditentukan dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, huntara itu nantinya dipindah ke lokasi lain dan tidak lagi di posisi sekarang yang mengalami kerusakan parah.

Baca juga: Huntara Dibangun untuk Korban Gempa dan Tsunami

Huntara dulu yang disiapkan. Kementerian ATR/ BPN dan pemda yang tentukan, yang jelas tidak di pusat bencana lagi,” kata Khalawi kepada Kompas.com, Senin (8/10/2018).

Dia menambahkan, kemungkinan huntara akan berbentuk barak yang menyerupai rumah, tetapi dengan rancangan dan ukuran yang layak untuk ditempati.

Menurut Khalawi, huntara merupakan solusi jangka pendek yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tempat tinggal para korban bencana tersebut.

“Ini untuk mengatasi masyarakat yang kelamaan di tempat pengungsian. Huntara itu mungkin bentuknya barak, tapi yang lebih manusiawi daripada tenda,” ucapnya.

Senyampang menunggu penentuan lokasi dan pendirian huntara, pihaknya saat ini masih berkonsentrasi menangani para korban luka dan korban jiwa, serta membersihkan reruntuhan bangunan yang hancur akibat gempa dan diterjang tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com