Jasa Marga Tunggu SK Menteri PUPR Terkait Integrasi Tol JORR

Kompas.com - 19/09/2018, 10:00 WIB
Petugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol. Dokumentasi Jasa MargaPetugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Integrasi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) ditargetkan dapat dimulai akhir September 2018. Pemerintah pun terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sebelum kebijakan ini diterapkan

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso mengatakan, perusahaan hingga kini masih menunggu keputusan pasti terkait rencana penerapan tersebut.

"JSMR selaku badan usaha jalan tol (BUJT) menunggu SK Menteri PUPR (tentang) kepastian pemberlakuannya," kata Heru lewat pesan singkat, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Integrasi Tol JORR Dimulai Akhir September

Rencana penerapan integrasi ini sudah beberapa kali mundur. Awalnya, kebijakan yang diharapkan dapat memangkas waktu transaksi ini, akan dilaksanakan pada awal Juli 2018.

Namun hal itu menuai pendapat pro dan kontra dari masyarakat. Terutama, pengguna tol yang melakukan perjalanan jarak pendek. Mereka terpaksa harus membayar tarif lebih mahal.

Heru mengatakan, kritik tersebut menjadi bahan masukan pemerintah dan BUJT untuk mengevaluasi kebijakan ini sebelum diterapkan.

"Dari kajian dan diskusi yang berkembang, kemungkinan Bintaro Viaduct-Pondok Ranji tidak akan masuk dalam skema integrasi JORR. Oleh karenanya kami mempersiapkan gerbang tol di akses on ramp Bintaro Viaduct arah Pondok Ranji," jelas dia.

Untuk diketahui, dengan penerapan kebijakan ini akan terjadi perubahan tarif. Pengguna jalan tol jarak jauh akan diuntungkan dengan pemangkasan tarif, namun tidak untuk pengguna jarak dekat.

Meski demikian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, tidak ada penyesuaian tarif  terselubung pascaintegrasi.

"Tidak ada kenaikan tarif terselubung yang akan meningkatkan pendapatan dan memberikan keuntungan tambahan bagi BUJT terkait," kata Basuki.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X