Cara Cerdik Bikin Ruangan di Rumah Makin "Chic"

Kompas.com - 16/09/2018, 17:04 WIB
Cover R+E house di Jakarta karya DP+HS Architects arsitag Cover R+E house di Jakarta karya DP+HS Architects

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu ciri rumah sehat adalah memiliki pencahayaan memadai, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, sesuai dengan kebutuhan.

Pencahayaan tersebut bisa bersumber dari matahari dan lampu. Namun, pada siang hari sebaiknya Anda memaksimalkan pencahayaan natural dari matahari dan meminimalkan penggunaan lampu.

Rumah dengan pencahayaan baik tentu akan membuat ruang-ruang di dalamnya tampak lebih terang. Sebaliknya, rumah yang gelap akan memberikan kesan yang suram.

Bahkan, hal tersebut dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan karena berpotensi menjadi sarang kuman dan penyakit.

Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa cara cerdik membuat ruang lebih terang yang dirangkum Kompas.com dari Arsitag.com:

1. Memaksimalkan Jendela

Ruang terang House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo arsitag Ruang terang House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo
Jendela ibarat pintu supaya cahaya dari luar dapat masuk ke dalam rumah. Semakin banyak jendela, cahaya matahari yang masuk akan semakin banyak sehingga ruangan di dalam rumah tampak lebih terang.

Selain itu, jendela juga dapat menjadi ventilasi agar udara dari luar dapat masuk dan sebaliknya.

2. Dinding Kaca dan Glass Block

Ruang terang Jayagiri House di Bali karya ICDS ARCHITECT arsitag Ruang terang Jayagiri House di Bali karya ICDS ARCHITECT
Dinding semen dan batu bata adalah penghalang cahaya yang sangat rapat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memanfaatkan material lain seperti dinding kaca dan glass block.

Namun, karena alasan keamanan, gunakan dinding kaca pada bagian rumah tertentu seperti pembatas antara rumah dan taman indoor.

3. Permainan Warna Dinding

Ruang terang Golf Residence Kemayoran di Jakarta karya Fine Team Studio.Edward_WemWem Ruang terang Golf Residence Kemayoran di Jakarta karya Fine Team Studio.
Permainan warna pada dinding dapat mempengaruhi tingkat gelap-terang suatu ruangan. Meskipun memiliki pencahayaan memadai, dinding ruangan berwarna hitam akan menimbulkan kesan gelap.

Sebaliknya, warna-warna cerah seperti di kamar tidur minimalis di atas akan membuat ruangan tampak lebih terang.

4. Desain Skandinavia dan Hitam Putih

Ruang terang Mr. H house at Spring Hill di Jakarta karya 7Design Architect arsitag Ruang terang Mr. H house at Spring Hill di Jakarta karya 7Design Architect
Beberapa desain interior ruang memang dirancang untuk memberikan kesan-kesan yang cerah.

Salah satu contohnya desain interior rumah skandinavia yang didominasi oleh warna putih, dan desain interior hitam putih yang menonjolkan kontras antara gelap dan terang.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X