Di Mata Jepang, Properti Bukan Lagi Soal Lokasi Tetapi Sekuriti

Kompas.com - 16/09/2018, 11:04 WIB
Savasa Smart Home, Cikarang.Hilda B Alexander/Kompas.com Savasa Smart Home, Cikarang.

BEKASI, KOMPAS.com - Jika produk properti Anda ingin diterima dengan baik oleh konsumen asal Jepang yang bekerja dan menetap di Indonesia, kuncinya cuma satu yakni sekuriti atau keamanan.

Direktur PT PanaHome Deltamas Indonesia Takaya Motooka mengatakan hal itu saat menjawab Kompas.com, usai peresmian marketing gallery  Savasa Smart Lifestyle, di Cikarang, Sabtu (15/8/2018).

Menurut Motooka, aspek keamanan adalah hal terpenting yang harus dipenuhi pengembang dalam membangun rumah. 

Baca juga: Savasa Cikarang, Optimisme Jepang Bangkitkan Properti Indonesia

"Ini menjadi pertimbangan utama orang Jepang yang ingin membeli rumah. Karena itu, kami membangun Savasa yang dilengkapi aspek keamanan berteknologi tinggi," tutur Motooka.

Namun demikian, bukan berarti faktor lokasi tidak menjadi pertimbangan lagi. Kata Motooka, lokasi adalah aspek penting yang menentukan strategi bisnis perusahaan ke depan.

Nah, dipilihnya Cikarang juga karena lokasi ini dinilai Motooka sangat strategis karena diapit infrastruktur konektivitas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan KRL Jakarta-Cikarang.

Selain itu, Cikarang juga merupakan sentra kawasan industri Nasional, tempat beroperasinya perusahaan-perusahaan internasional.

"Jadi, setelah faktor keamanan, yang kedua adalah lokasi," tambah Motooka.

910 perusahaan Jepang yang membuka pabrik di kawasan Cikarang dengan ribuan karyawannya bukanlah angka yang bisa dipandang sebelah mata.

Sebaliknya, jumlah ini merupakan potensi pasar yang mendatangkan peluang keuntungan besar. Mereka, tentu saja membutuhkan hunian atau tempat tinggal yang representatif.

Dekat dengan lokasi kerja, dan memenuhi segala kebutuhan harian, terutama aktivitas di luar kerja. Macam fasilitas pendidikan, rumah sakit, pusat belanja, pusat olahraga, hiburan dan sosial.

"Selama ini, orag-orang Jepang, atau ekspatriat dari negara lain dan masyarakat Indonesia sendiri ulang-alik Jakarta-Cikarang," papar Motooka.

Guna memenuhi kebutuhan tempat tinggal representatif itulah PT PanaHome Deltamas Indonesia membangun Savasa Smart Lifestyle.

Halaman:



Close Ads X