Pelindo Gelar "One Day with Pelindo l" - Kompas.com

Pelindo Gelar "One Day with Pelindo l"

Kompas.com - 12/09/2018, 08:14 WIB
Kapal pesiar MV Superstar Libra sandar di Pelabuhan Kualatanjung milik PT Pelindo I (Persero) di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kamis (5/4/2018).KOMPAS.com / Mei Leandha Kapal pesiar MV Superstar Libra sandar di Pelabuhan Kualatanjung milik PT Pelindo I (Persero) di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Kamis (5/4/2018).

MEDAN, KOMPAS.com - Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang aktivitas kepelabuhanan membuat PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) melakukan program Goes to School.

Kegiatan bertema "One Day with Pelindo l" ini menyasar para pelajar yang dinilai musti melek informasi dan pengetahuan seputar dunia kepelabuhanan dan maritim. Kali ini, sekolah yang dipilih adalah SMA Negeri 7 Medan, dengan para siswa kelas XII sebagai peserta.

"Pengetahuan masyarakat soal dunia kepelabuhanan sangat minim, makanya kami lakukan program komunikasi eksternal Pelindo l yang melibatkan generasi muda, mengedukasi mereka seputar kepelabuhanan dan dunia maritim," kata ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Selasa (11/9/2018).

Padahal, lanjut dia, pelabuhan memiliki peranan penting dalam meningkatkan perekonomian nasional. Sekitar 70 persen perdagangan dunia menggunakan transportasi laut karena pengiriman barang menggunakan kapal jauh lebih murah, efisien, dan bisa membawa barang dalam jumlah besar.

"Selain memberikan wawasan kepada para pelajar, kami juga memberitahukan berbagai macam profesi di Pelindo l yang mungkin tidak banyak diketahui mereka. Jadi bisa disesuaikan dengan jurusan saat mereka menempuh pendidikan selanjutnya,” tutur Fiona.

Di hadapan siswa siswi, Fiona menjelaskan bahwa Pelindo l adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan Terminal Multipurpose Pelabuhan Kualatanjung, Jumat (24/11/2017)KOMPAS.com / Mei Leandha Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan Terminal Multipurpose Pelabuhan Kualatanjung, Jumat (24/11/2017)
Berkantor pusat di Medan, Pelindo l memiliki wilayah operasi di empat provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Riau Kepulauan.

Juga mengelola 16 cabang pelabuhan yang terdiri dari: 11 kawasan pelabuhan/perwakilan dan mengelola satu unit usaha yaitu Unit Usaha Galangan Kapal (UGK) dan Rumah Sakit Pelabuhan Medan (RSPM).

Kemudian enam anak perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo l meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kualatanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat.

Selsin itu juga mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

PT Pelindo 1 menyediakan layanan TPFT online pertama di luar Jawa, Minggu (31/7/2016)Kontributor Medan, Mei Leandha PT Pelindo 1 menyediakan layanan TPFT online pertama di luar Jawa, Minggu (31/7/2016)
Dalam meningkatkan produktivitas pelayanannya, Pelindo l terus melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga mampu meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut.

"Kita juga memperkuat konektivitas nasional, menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif untuk meningkatkan daya saing nasional," imbuh Fiona.

Pembantu Kepala Sekolah (PKS) III, Alwin Lubis, mewakili Kepala Sekolah SMAN 7 Medan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengucapkan terimakasih karena Pelindo 1 menunjukkan kepeduliannya kepada kau pelajar, khususnya siswa-siswinya.

"Semoga anak-anak bisa menularkan ilmu pengetahuan yang didapat kepada teman-temannya di luar sana,” kata Alwin.

Selain edukasi kepelabuhanan, para siswa juga diberikan pembekalan motivasi oleh motivator Rizky Nasution.

Sebelum pulang, mereka dihibur Stand Up Comedy dari Anza Harahap yang membuat suasana penuh gelak tawa.



Close Ads X