Rumah Kontainer, Solusi Lahan Sempit dan Anggaran Cekak

Kompas.com - 09/09/2018, 19:00 WIB
Rumah kontainer Nine.com.auRumah kontainer

KOMPAS.com — Dengan keterbatasan lahan dan kemampuan untuk membeli, hunian yang terbuat dari kontainer bekas dapat menjadi salah satu alternatif. Harganya terjangkau dan mudah didapatkan.

Bahkan, di sejumlah negara, rumah kontainer telah menjadi salah satu tren hunian yang layak dipertimbangkan.

Brenda Kelly (36) dari Auckland, Selandia Baru, mulai membangun rumah kontainer pertamanya pada enam tahun lalu. Kini, ia menjalankan bisnis IQ Container, dan telah membangun kurang lebih tujuh rumah.

Rumah kontainerNine.com.au Rumah kontainer

"Saya selalu bersemangat tentang desain ruang minimalis, hidup dalam sarana dan semua kebutuhan secara tidak berlebihan," kata Kelly seperti dilansir dari Nine.

Menurut dia, ada beberapa keuntungan memiliki hunian yang terbuat dari kontainer bekas. Mulai dari harga yang terjangkau, bentuk yang ideal, biaya perawatan yang murah, hingga tahan lama.

Meski relatif terjangkau, ia menyarankan, jangan menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan utama dalam membangun rumah kontainer. Pasalnya, Anda tetap membutuhkan saran pakar sebelum membangun rumah tersebut.

Tentunya, pelibatan pakar akan memerlukan biaya tersendiri.

Rumah kontainerNine.com.au Rumah kontainer

Kelly menambahkan, kontainer bekas juga memiliki bentuk yang relatif sempit. Namun, dengan sedikit kreativitas dengan cara menyusunnya sedemikian rupa, memotong bagian yang tidak perlu, serta memperkuat strukturnya, akan didapatkan hunian yang cantik.

"Seperti halnya rumah kecil, setiap sudut, celah dan perabotan yang digunakan harus memiliki tujuan. Saya memiliki meja dan sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur cadangan, serta sofa yang dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan," ujarnuya.

Berikut beberapa keuntungan memiliki rumah kontainer:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Nine
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X