Selain Perpusnas, Ini Dua Perpustakaan Tertinggi di Dunia - Kompas.com

Selain Perpusnas, Ini Dua Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 03/09/2018, 13:47 WIB
Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.Kompas.com/Silvita Agmasari Perpustakaan Nasional RI di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (perpusnas) diklaim sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. dengan ketinggian mencapai 126,3 meter. Bangunan ini mencakup total 27 lantai dan 3 buah ruang bawah tanah (rubanah).

Perpustakaan ini berdiri di area seluas 11.975 meter persegi dengan lulas bangunan 50.917 meter persegi. Gedung perpustakaan ini dirancang dengan konsep green building.

Setiap lantai gedung menyimpan koleksi buku yang berbeda. Lantai 14 misalnya, menyimpan koleksi buku langka. Sedangkan lantai 21 hingga 24 menyimpan berbagai buku umum.

Pada lantai teratas atau lantai 24 terdapat executive lounge serta menjadi tempat ideal untuk melihat panorama area Monas. Selain perpusnas, berikut gedung perpustakaan tertinggi lainnya.

Shanghai Library

Bangunan ini menjulang dengan ketinggian 106 meter serta memiliki 24 lantai. www.chinadaily.com.cn Bangunan ini menjulang dengan ketinggian 106 meter serta memiliki 24 lantai.
Shanghai Library atau Bibliotheca Zi-Ka-Wei merupakan perpustakaan pertama yang berdiri di kota Shanghai.

Perpustakaan ini pertama kali berdiri sejak 1847, namun gedung yang ada sekarang baru selesai dibangun pada tahun 1996.

Berdasarkan tingginya, gedung ini menjadi bangunan perpustakaan tertinggi kedua di dunia. Bangunan ini menjulang dengan ketinggian 106 meter serta memiliki 24 lantai.

Rancangan bangunan perpustakaan ini disesuaikan dengan standar dari perpustakaan nasional China. Bangunan ini pun juga sudah memenuhi standar tahan gempa, kebakaran, kelembaban, kontrol suhu, dan hal-hal yang termasuk dalam perlindungan koleksi.

Perpustakaan ini memiliki dua buah menara di lahan seluas 83.000 meter persegi. Menara pertama menjulang di ketinggian 107 meter dengan 23 lantai, sedangkan menara kedua memiliki tinggi 59 meter dengan 11 lantai.

Lantai 1 sampai 4 di menara pertama serta lantai 1 hingga 3 di menara kedua digunakan sebagai ruang baca.

Sedangkan ruang komputer berada di lantai kelima pada menara pertama. Sisanya menjadi ruang penyimpanan buku.

Melansir China Daily, perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 53 juta buku. Selain itu, tempat ini juga memiliki koleksi 130 volume buku kuno, 118 ribu surat modern dari dinasti Ming dan dinasti Qing.

W.E.B Du Bois Library

Gedung yang selesai dibangun pada tahun 1974 ini memiliki total ketinggian mencapai 90,4 meter dengan 28 lantai. Austermann Gedung yang selesai dibangun pada tahun 1974 ini memiliki total ketinggian mencapai 90,4 meter dengan 28 lantai.
Bangunan ini merupakan satu dari empat perpustakaan yang dimiliki oleh University of Massachusetts, Amherst.

Gedung yang selesai dibangun pada tahun 1974 ini memiliki total ketinggian mencapai 90,4 meter dengan 28 lantai. 

W.E.B Du Bois Library menjadi bangunan perpustakaan tertinggi ketiga di dunia.

Gedung ini merupakan hasi rancangan Edward Durrell Stone yang berdiri di lahan seluas lebih dari 28.000 meter persegi.

Tampilan eksterior bangunan dilapisi dengan bata sehingga sesuai dengan lingkungannya.

Perpustakaan ini memiliki koleksi 5,9 juta volume buku. Selain itu, gedung ini juga menyediakan akses ke 80.000 judul jurnal daring, 700.000 buku elektronik, serta 200 basis data.


Komentar
Close Ads X