Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Mewahnya Bungker 15 Lantai

Kompas.com - 27/08/2018, 23:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bungker merupakan tempat perlindungan ketika terjadi bencana. Naun sebuah bungker di Kansas diubah menjadi yempat perlindungan mewah dengan berbagai fasilitas.

Larry Hall membeli bungker yang dulunya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan tempat peluncuran senjata nuklir yang dibangun selama perang dingin pada 2008.

Sebanyak 300 ribu dollar AS dikeluarkan untuk mendapatkan tempat ini. Hall kemudian mengubahnya menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang yang merasa ketakutan akan hari kiamat.

Dia mengaku terinpirasi untuk membuat tempat perlindungan setelah kejadian peledakan World Trade Center pada 9 September 2001 lalu.

Kala itu, pemerintah federal gencar membangun bungker perlindungan sebagai rencana pencegahan jika bencana besar terjadi.

Meski lokasinya masih dirahasiakan, Hall mengatakan, bungker ini teletak di bagian utara Wichita, Kansas. Tempat ini juga dikelilingi perbukitan dan perkebunan.

Hall membutuhkan biaya hingga 20 juta dollar AS untuk merenovasi tempat ini agar layak ditinggali.

Penampakan di dalam bungkerSurvival Condo Project Penampakan di dalam bungker
Setelah selesai, tempat ini dinamakan Hall's Survival Condo Project, dan dapat menampung hingga 12 keluarga dalam satu waktu.

Tempat perlindungan ini dibangun agar tahan terhadap segala jenis bencana, termasuk terhadap senjata nuklir dan virus.

Ruangan kosong ini sekarang memiliki 15 lantai dan terbagi menjadi 12 rumah. Satu buah rumah berukuran 170 meter persegi atau seukuran sepertiga lapangan basket. Rumah ini mampu menampung hingga 10 orang.

Di dalam rumah tersedia 3 buah kamar tidur, dua kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang makan, dan 1 ruang besar. Tempat tidur susun digunakan di tiap kamar agar dapat menampung lebih banyak orang.

Bahkan di tiap-tiap rumah tersedia mesin cuci, mesin pencuci piring, dan pengering. Tak lupa jendela dengan lampu LED yang menampilkan pemandangan padang rumput di luar ruangan.

Bungker ini juga menyediakan ruangan khusus sebagai tempat penyimpanan senjata dan amunisi. Survival Condo Project Bungker ini juga menyediakan ruangan khusus sebagai tempat penyimpanan senjata dan amunisi.
Tak seperti bungker pada umumnya yang terkesan suram, tempat perlindungan yang dibangun Hall memberikan berbagai kemewahan.

Bahkan di tempat ini juga tersedia toko bahan makanan, kebun, ruang rekrasi, ruang gym, hingga kolam renang sepanjang 22,8 meter lengkap dengan seluncuran.

Menengok ukuran dan fasilitasnya, bungker ini pantas jika disebut sebagai perkampungan mini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com