Tahun Depan, Tol 1.852 Kilometer Dijanjikan Terbangun

Kompas.com - 23/08/2018, 19:00 WIB
Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) TbkPembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan infrastruktur konektivitas bakal terus bertambah.

Dia menjanjikan hingga tahun 2019, jalan tol sepanjang 1.852 kilometer siap digunakan masyarakat untuk mobilitas sehari-hari.

“Untuk menjawab tantangan di bidang konektivitas, mulai tahun 2015 hingga 2019 akan diselesaikan pembangunan dan dioperasikan jalan tol sepanjang 1.852 kilometer,” kata Basuki saat memberikan orasi ilmiah di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Baca juga: Bangun Infrastruktur, Pemerintah Perhatikan 3 Aspek Utama

Selain itu, dikerjakan juga pembangunan jalan nasional sepanjang 2.650 kilometer dan jalan akses menuju 24 pelabuhan utama sepanjang 500 kilometer.

Dibangun pula 60 pelabuhan penyeberangan dan jalan pendukung untuk mengembangkan 25 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Basuki menambahkan, pembangunan sejumlah infrastruktur itu dimaksudkan untuk menurunkan waktu tempuh perjalanan, mengurangi biaya logistik, dan mengembangkan perekonomian di suatu wilayah.

“Upaya-upaya tadi untuk menurunkan biaya logistik dari 24 persen menjadi sekitar 20 persen, juga meningkatkan potensi ekonomi wilayah, terutama di luar Pulau Jawa yang selama ini terpendam,” terang Basuki.

Secara lebih rinci, Basuki menargetkan penurunan waktu tempuh untuk jalur Iogistik dari 2,7 jam per 100 kilometer pada tahun 2014 menjadi 2,2 jam per 100 kilometer pada tahun 2019.

Dengan demikian, biaya logistik pun diperkirakan berkurang dari 24 persen menjadi 20 persen dari angka produk domestik bruto atau gross domestic product (GDP).

Selain itu, diharapkan potensi ekonomi wilayah, terutama di luar Pulau Jawa, yang selama ini kurang dimanfaatkan bisa lebih berkembang sehingga tingkat perekonomian masyarakat setempat semakin meningkat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X