Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penang, Pusat Industri Kesehatan dengan Infrastruktur Kelas Dunia

Kompas.com - 20/08/2018, 21:09 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penang merupakan salah satu negara bagian paling maju di Malaysia. Wilayah yang terkenal dengan industri kesehatan ini memiliki infrastruktur kelas wahid.

Di wilayah pesisir timurnya terdapat  sistem jalan tol yang terdiri dari Jelutong Expressway (sekarang disebut Tun Dr Lim Chong Eu Expressway), Jembatan Penang, dan Jalur Cepat Bayan Lepas.

Untuk mendukung jaringan jalan tol itu, Jalan Sultan Azlan Shah dijadikan sebagai akses utama yang mengelilingi negara bagian berbentuk pulau itu.

George Town merupakan pusat kota Penang. Sejumlah jalan besar menyebar di mana-mana, termasuk Jalan Sultan Ahmad Shah (sebelumnya Jalan Northam), Jalan Kelawei, Jalan Burma, Jalan Macalister, Jalan Dato Keramat, Jalan Gurdwara, dan Jalan Jelutong.

Di kota ini sekarang terdapat dua jalan lingkar. Jalan Perak berperan sebagai jalan lingkar dalam, sedangkan Jalan Masjid Negeri dan Jalan Skotlandia menjadi jalan lingkar tengah.

Berikut ini beberap infrastruktur yang bisa ditemui di Penang, Malaysia:

Balik Pulau Hill Road

Ini adalah jalan yang menghubungkan Pekan Genting di Balik Pulau dengan Teluk Kumbar. Pembangunan jalan ini dilakukan untuk mengurangi jumlah tikungan tajam di jalan berliku di antara perbukitan.

Ayer Itam Reservoir

Ayer Itam Reservoir di Penang, Malaysia.Penang-traveltips.com Ayer Itam Reservoir di Penang, Malaysia.

Ayer Itam Reservoir merupakan waduk kecil di Penang. Posisinya terletak antara Hye Keat Estate dan Ayer Puteh.

Setelah keberadaan waduk ini, dibangun pula Reservoir Garden pada awal tahun 1960, yaitu perumahan an di lingkungan Ayer Puteh.

City Stadium of Penang

Stadion yang juga dikenal dengan nama Stadion Bandaraya Pulau Pinang ini adalah stadion tertua yang masih digunakan di Malaysia.

Dibangun oleh Inggris pada tahun 1932, stadion ini digunakan selama bertahun-tahun menjadi tempat yang populer untuk pertandingan sepak bola.

City Stadium di Penang, Malaysia.Penang-traveltips.com City Stadium di Penang, Malaysia.

Stadion berkapasitas 20.000 penonton ini juga memiliki lintasan atletik. City Stadiumbaru-baru ini direnovasi dan berganti wajah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com