28 Agustus, Jalan Akses "Dry Port" Cikarang Mulai Berbayar

Kompas.com - 23/08/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi tol Kementerian PUPRIlustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menetapkan besaran tarif Jalan Akses Dry Port Cikarang atau Pelabuhan Darat.

Pemberlakukan tarif pada jalan yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk tersebut akan mulai efektif pada 28 Agustus 2018 pukul 00.00 WIB.

"Kepmen ini ditetapkan oleh Menteri PUPR di Jakarta, Senin lalu," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, Kamis (23/8/2018).

Baca juga: Profit, Pertimbangan Utama Jasa Marga Ekspansi di Luar Jawa

Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 561/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol, ada lima golongan kendaraan yang diatur.

Golongan I untuk kendaraan pribadi, jip, pick up/truk kecil dan bus. Sementara Golongan II-V untuk truk dengan dua gandar-lima gandar.

"Pengguna jalan tol yang menuju Cikarang akan melakukan pembayaran di Gerbang Tol Cikarang Utara dengan besaran tarif masing-masing golongan adalah golongan I Rp 4.500, Golongan II dan III Rp 6.500 dan Golongan IV dan V Rp 9.000," terang Heru.

Ia menambahkan, di dalam keputusan tersebut Jasa Marga juga diberi wewenang untuk menindak pengemudi truk nakal yang membawa muatan lebih dari batas yang ditentukan.

"Pelaksanaan peraturan dan pengendalian pengawasan batasan muatan sumbu terberat dilakukan dengan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," tutur Heru.

Untuk diketahui, Jalan Akses Dry Port yang memiliki panjang 3,06 kilometer merupakan perpanjangan pintu gerbang Pelabuhan Internasional Tanjung Priok.

Dengan adanya jalan ini, diyakini akan mengurangi kelebihan kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok dan mengurai truk di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X