Saat Idul Adha, Pastikan Dapur Anda Selalu Bersih - Kompas.com

Saat Idul Adha, Pastikan Dapur Anda Selalu Bersih

Kompas.com - 22/08/2018, 12:00 WIB
Dapur dengan sisi gelap di bagian tertentu.elledecor Dapur dengan sisi gelap di bagian tertentu.

KOMPAS.com - Sama halnya dengan Idul Fitri, Idul Adha juga kerap menjadi ajang kumpul keluarga. Lebih spesifik, momen untuk makan ketupat opor ayam lengkap dengan sambal goreng kentang bersama orang tersayang. Nyam!

Bila hal tersebut menjadi sebuah tradisi, maka salah satu lokasi di rumah yang akan sering dihinggapi para pemburu opor adalah dapur.

Dapur memiliki fungsi penting pada hari-hari keagamaan seperti saat ini. Tak hanya sebagai tempat menyiapkan masakan, tetapi juga menyimpan makanan, bahkan tempat untuk hangout bersama bila konsep dapur Anda terbuka.

Dengan banyak hal yang terjadi di dapur, orang berlalu lalang terus menerus, akan mudah kotor dan berantakan dengan cepat.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga dapur Anda tetap bersih?

Dilansir dari Appartementtherapy, ada empat hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga dapur tetap bersih.

Pertama, singkirkan semua hal-hal yang sudah tidak diperlukan dari dapur. Misalnya, serbet kotor, obat dan vitamin kadaluwarsa, piring pecah, atau makanan yang sudah basi.

Kedua, bersihkan seluruh peralatan makan yang ada, mulai dari piring, sendok, garpu, hingga pisau. Bila timbul bau, jangan ragu untuk menyemprot permukaan meja dengan pewangi.

Namun, bila bau berasal dari tong sampah, sebaiknya segera buang isi di dalamnya ke luar.

Ketiga, bereskan isi kulkas. Makanan atau minuman yang sudah kadaluwarsa sebaiknya segera disingkirkan.

Buang hal-hal yang kira-kira hanya akan membuat kulkas terlihat sempit, untuk memberikan ruang bagi makanan atau minuman lain yang lebih segar.

Keempat, singkirkan kotak penyimpanan plastik yang sudah tidak digunakan. Demikian pula bumbu-bumbu dapur yang sudah tidak diperlukan, sebaiknya disimpan untuk sementara waktu di lemari penyimpanan.


Komentar
Close Ads X