Meski Syariah, Properti Ini Bisa Dibeli Non-Muslim

Kompas.com - 19/08/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati mengusung konsep syariah, bukan berarti properti ini tidak boleh dibeli oleh kalangan lain di luar pemeluk agama islam.

Founder Developer Properti Syariah (DPS) Rosyid Aziz mengatakan, tidak sedikit masyarakat non muslim yang tertarik untuk membeli rumah dengan cara-cara syariah. Meski pun jumlah mereka masih cukup sedikit.

"Paling dalam satu komplek yang isinya 50 (rumah) itu hanya 1-2 saja. Karena memang sasaran kami ini adalah teman-teman muslim (yang paham) bahwa skema perbankan itu ada ketidakbolehan," kata Rosyid kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Properti Berlabel Syariah di Indonesia Makin Menggeliat

Ia mengaku, mengikuti ajaran sunnah Nabi Muhammad SAW dalam membangun hubungan kerja sama dengan masyarakat pemeluk ajaran lain pada masanya.

Saat itu, Nabi juga berdagang dengan kalangan Yahudi bahkan melakukan pinjaman atau hutang piutang dengan kalangan non muslim.

Baca juga: Ini Beda Antara KPR Syariah dan KPR Bank Syariah

"Jadi enggak masalah asal mau ikut aturan main," imbuh Rosyid.

Bagi konsumen non muslim, ia menambahkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila tertarik membeli properti semacam ini. Misalnya, tidak boleh memelihara anjing di dalam rumah.

"Ini pada awal kami persyaratkan. Karena ini lingkungan yang hampir semua muslim, jadi kami buat persyaratan yang kira-kira tidak membuat mereka tersinggung," tambah dia.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X