Terpopuler: Target Proyek Tol hingga 2019 dan Cara Kumpulkan DP Rumah - Kompas.com

Terpopuler: Target Proyek Tol hingga 2019 dan Cara Kumpulkan DP Rumah

Kompas.com - 13/08/2018, 11:01 WIB
Ilustrasi rumah.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Ilustrasi rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi mengenai tingginya suku bunga kredit yang menyebabkan tingkat penjualan rumah pada kuartal II-2018 turun menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Minggu (12/8/2018).

Selain itu, rencana pemerintah menyelesaikan jalan tol sepanjang 1.412,7 kilometer hingga akhir 2019 juga mendapat banyak perhatian pembaca.

Berikut ini berita selengkapnya:

1. Penjualan rumah turun

Penjualan rumah selama kuartal II-2018 menurun 0,08 persen, atau lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang bertengger di angka 10,55 persen.

Namun, angka ini masih lebih tinggi dibandingkan -27,20 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Hasil Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia (BI) yang dilansir Kamis (9/8/2018) menunjukkan menurunnya penjualan pada triwulan II-2018 disebabkan oleh penurunan penjualan pada rumah tipe menengah -17,29 persen, dan rumah tipe besar -4,00 persen.

"Sedangkan penjualan rumah tipe kecil menguat dari -1,97 persen menjadi 11,00 persen," tulis BI.

Berita selengkapnya: Penjualan Rumah Turun

2. Penyelesaian proyek jalan tol dikebut

Sejumlah proyek jalan tol terus dikebut penyelesaiannya agar dapat rampung tepat waktu. Hingga akhir 2019 mendatang, pemerintah menargetkan dapat menyelesaikan jalan tol sepanjang 1.412,7 kilometer.

Dari panjang jalan tol tersebut, 810,95 kilometer di antaranya ditargetkan selesai dan beroperasi hingga akhir tahun 2018. Sementara sisanya, sepanjang 568,8 kilometer ditargetkan rampung dan beroperasi pada 2019.

Ilustrasi infrastrukturPT Jasamarga Balikpapan Samarinda Ilustrasi infrastruktur

Kehadiran jalan tol diyakini akan menjadi salah satu solusi untuk mempersingkat waktu tempuh dan memudahkan proses distribusi barang dan jasa, serta masyarakat.

Diharapkan, harga kebutuhan logistik pun dapat ditekan seiring dengan semakin lancarnya proses distribusi.

Berita selengkapnya2019, Pemerintah Targetkan 1.412,7 Kilometer Tol Beroperasi

3. Melihat interior mewah pesawat Airlander 10 

Pesawat ini mungkin tidak memiliki tampilan eksterior yang menarik, tetapi tidak untuk interiornya.

Dikembangkan oleh Hybrid Air Vehicles (HAV), pesawat helium hibrida ini memiliki interior layaknya sebuah hotel mewah atau kapal pesiar.

Gambar yang baru dirilis tentang bagaimana interior Airlander 10 bisa terlihat.lonelyplanet.com Gambar yang baru dirilis tentang bagaimana interior Airlander 10 bisa terlihat.

Dengan kabin sepanjang 46 meter, ada beberapa kamar suite mewah yang menawarkan pengalaman mengesankan yaitu bar 'ketinggian' dengan lantai kaca.

Hanya mereka yang beruntung atau kaya yang bisa bepergian dengan pesawat yang dapat terbang hingga ketinggan 16.000 kaki atau 6.100 meter ini.

Berita selengkapnya: Intip Interior Pesawat Terpanjang Airlander 10

4. Cara kumpulkan uang muka rumah 

Terkadang, hal paling sulit untuk membeli sebuah rumah adalah saat Anda harus mengumpulkan uang muka atau down payment (DP).

Kenapa sulit? Karena tidak jarang jumlahnya cukup besar. Sebelum ada aturan Bank Indonesia (BI) yang membebaskan pemberian loan to value (LTV), ada batas maksimum yang bisa diberikan bank kepada pemohon kredit yaitu 85 persen.

Ilustrasi rumah kecilin4mal Ilustrasi rumah kecil

Artinya, besaran uang muka yang harus disiapkan calon pembeli rumah minimal 15 persen.

Berita selengkapnya: 5 Cara Efektif Mengumpulkan Uang DP Rumah

5. Rumah Zohri hampir rampung

Direktorat Rumah Khusus Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR terus melanjutkan rekonstruksi rumah keluarga Lalu Muhammad Zohri, juara dunia lari 100 meter pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia.

Rekonstruksi rumah keluarga Lalu Muhammad Zohri di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Rekonstruksi rumah keluarga Lalu Muhammad Zohri di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/8/2018), rekonstruksi rumah yang berada di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, itu dilakukan bersama TNI dan saat ini progresnya sudah mencapai 95 persen.

Rumah itu dilaporkan tidak mengalami kerusakan meskipun rumah tetangga di sekitarnya rusak, bahkan ada yang runtuh.

Berita selengkapnya: Rekonstruksi Rumah Zohri Sudah 95 Persen



Komentar
Close Ads X