Kiat Mendesain Taman Minimalis

Kompas.com - 11/08/2018, 10:00 WIB
Taman di depan rumah Green Garden House karya Denny Setiawan dengan kolam ikan koi dan tanaman tropis yang menyejukkan.Arsitag Taman di depan rumah Green Garden House karya Denny Setiawan dengan kolam ikan koi dan tanaman tropis yang menyejukkan.

JAKARTA, KOMPAS.com -  Taman minimalis seringkali berkesan datar dan membosankan karena kesederhanaannya.

Sebenarnya, taman minimalis bisa dirancang menjadi taman keluarga yang teduh nan menyejukkan.

Pada prinsipnya, desain taman minimalis memaksimalkan pemanfaatan ruang terbuka dengan perawatan seminimal dan sehemat mungkin.

Beberapa trik sederhana berikut dapat membantu perancangan taman minimalis yang teduh, nyaman, dan minim perawatan.

1. Batas visual yang jelas

Taman di belakang Rumah Miring karya Andyrachman Architect Arsitag Taman di belakang Rumah Miring karya Andyrachman Architect
Minimalisme harus dimulai dari kejelasan batas karena desain minimalis berfokus pada pemilihan elemen yang paling maksimal pemanfaatannya.

Manfaatkan pagar, dinding, ataupun pola batuan untuk menciptakan batas visual yang jelas.

Jalan dari batu koral di sepanjang dinding rumah bersama dinding pagar menjadi batas taman rumput dengan pohon ketapang kencana sebagai pohon peneduhnya.

2. Gunakan paduan warna natural 

Taman dengan kolam pada S + I House karya DP + HS Architects AngelineStacia Taman dengan kolam pada S + I House karya DP + HS Architects
Warna-warna natural cenderung menyejukkan dan mudah dipadukan dengan berbagai unsur.

Warna abu-abu dari semen, kuning gading dari batu alam, serta beningnya air dapat berpadu serasi dengan hijau dedaunan.

Dinding batu alam, lantai cetak dari adukan semen, kolam, rumput, dan bambu kuning (phyllostachys sulphurea) sudah cukup menjadi taman minimalis yang menyejukkan dan mencerahkan suasana.

3. Batasi variasi material

Taman minimalis yang elegan pada MM House karya TonTon StudioArsitag Taman minimalis yang elegan pada MM House karya TonTon Studio
Pemanfaatan jenis material yang tidak terlalu banyak, akan mempermudah menciptakan kesan sederhana, harmonis, dan elegan.

Pohon pakis sebagai ciri tanaman tropis Indonesia menjadi ikon pada taman minimalis yang hanya memanfaatkan rumput jepang dan batu kali sebagai materialnya.

Material-material sederhana ini mampu menciptakan suasana teduh untuk ruang keluarga dan teras.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X