Hindari 3 Kesalahan Saat Renovasi Rumah - Kompas.com

Hindari 3 Kesalahan Saat Renovasi Rumah

Kompas.com - 06/08/2018, 12:00 WIB
Ilustrasi renovasi rumahwww.shutterstock.com Ilustrasi renovasi rumah

KOMPAS.com – Pemilik dan penghuni harus mengetahui cara untuk merawat dan memperbaiki rumah yang dimiliki untuk investasi.

Apabila rumah itu perlu direnovasi, mereka perlu tahu juga beberapa kesalahan yang harus dihindari saat perbaikan.

Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa rumah tersebut nantinya bisa dengan mudah disewakan dengan harga yang masuk akal sesuai pasar di wilayah rumah tersebut berada.

Menurut pendiri konsultan renovasi rumah Mamy Home, Amin Yusoff, ada tiga kesalahan yang sering dibuat oleh para pemilik rumah saat memperbaiki huniannya.

Kesalahan itu membuat mereka harus menanggung biaya yang cukup besar dan tidak bisa menyewakan atau menjual properti mereka dengan cepat dan mudah.

Kesalahan pertama yaitu pemilik rumah mengeluarkan dana berlebihan sehingga melampaui batas, padahal rumah itu dibangun untuk investasi.   

“Pemilik rumah menghabiskan lebih banyak uang dari yang seharusnya ketika merenovasi rumah yang ditujukan untuk investasi,” ujar Amin Yusoff, seperti diwartakan New Straits Times, Minggu (5/8/2018).

Dia mengatakan, tidak seperti rumah yang dibuat untuk dihuni sendiri, rumah untuk investasi harus direnovasi sesuai dengan segmen pasar tertentu.

Kesalahan kedua yakni pemilik merenovasi rumah sesuai seleranya sendiri, bukan melihat keinginan orang pada umumnya.

“Renovasi sering dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pemilik rumah sehingga mereka yang ingin membeli atau menyewa harus mengubah desain, yang pada akhirnya akan membebani pemilik rumah,” tutur Amin.

Kesalahan ketiga adalah pemilik rumah berubah pikiran mengenai rencana renovasi seperti apa yang akan diterapkan di rumahnya.

“Perubahan pikiran pada menit-menit akhir yang membuat pemiliknya menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya dari rencana awal,” tuturnya.

Hasil investasi terhadap rumah itu akan memakan waktu yang lebih lama jika pemiliknya menghabiskan terlalu banyak waktu dalam perencanaan dan renovasi.

"Maka dari itu, pemilik rumah harus fokus pada minimalisasi biaya. Namun, pada saat yang sama, ada perubahan yang berarti setelah renovasi itu," imbuhnya.



Close Ads X