Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Renovasi Rumah, Simak Langkah Berikut...

Kompas.com - 10/05/2018, 21:53 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Houzz.com

KOMPAS.com - Sebagai pemilik rumah, Anda berkuasa penuh atas setiap rencana renovasi yang ingin dilakukan. Tentunya, hal tersebut juga termasuk mempertimbangkan aspek waktu, material, hingga anggaran.

Salah satu kunci penting dalam menjaga agar proses renovasi rumah berjalan lancar yaitu menyiapkan perencanaan.

Bila Anda belum pernah merenovasi atau membangun rumah baru, mungkin Anda tidak pernah berpikir bagaimana sebuah gagasan pada akhirnya dapat direalisasikan.

Baca juga : Lahan Bisnis Basah, Penyedia Jasa Renovasi Rumah

Dilansir dari Houzz, setidaknya ada tiga hal yang patut dipertimbangkan sebelum memulai pekerjaan renovasi rumah.

Pertama, susunlah tim yang akan bertugas untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Carilah kontraktor yang benar-benar Anda kenal.

Hal ini penting, karena biasanya kontraktor juga memiliki kenalan arsitek dan desain interior yang mungkin pas dengan budget Anda.

Beberapa kalangan profesional bahkan bisa menawarkan berbagai layanan. Mulai dari desain awal hingga manajemen proyek. Jangan ragu untuk mencari kontraktor profesional untuk menangani hunian Anda.

Kedua, ketahui tujuan Anda dalam merenovasi rumah. Apakah Anda perlu membongkar seluruh bagian dapur dan mengubah desainnya? Atau apakah perlu merombak bagian ruang tamu untuk kemudian dipisahkan dengan ruang keluarga?

Perencanaan tujuan ini akan berpengaruh terhadap seberapa besar anggaran yang perlu Anda siapkan. Jangan sampai anggaran yang dikeluarkan sudah cukup besar, tetapi hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Ketiga, pastikan perubahan atas rumah Anda tidak melanggar izin. Setiap pembangunan sebuah rumah, harus mengantongi izin dari pejabat daerah setempat. Izin ini dilengkapi dengan spesifikasi atas rumah Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com