Kementerian PUPR Buka Pusat Pendidikan Pengolahan Sampah di Bali

Kompas.com - 29/07/2018, 20:00 WIB
Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Seminyak, Kabupaten Badung. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Seminyak, Kabupaten Badung.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berpartisipasi mengurangi volume sampah di Bali dengan membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Seminyak, Kabupaten Badung.

TPST 3R ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan (learning center) pengolahan sampah dengan sistem 3R.

Pusat pendidikan itu dilengkapi ruang kelas yang terbuka bagi komunitas, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk belajar mengolah sampah.

Kegiatan di TPST 3R Seminyak telah dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak tahun 2015.

Aktivitas itu berkembang hingga tidak hanya melibatkan warga sekitar, tetapi juga perusahaan dan hotel-hotel untuk peduli 3R.

"Masyarakat bisa berperan aktif dalam mengatasi masalah sampah dan hasilnya pasti lebih efektif dan efisien bahkan bisa memiliki nilai ekonomis," ujar Sekretaris Jenderal Anita Firmanti saat menyampaikan pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Peluncuran Pusat Pelatihan TPST 3R Seminyak, Bali, dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/7/2018).

Acara itu menjadi bagian dari Bali Big Eco Weekend yang melibatkan Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, pemerintah daerah, swasta, pencinta lingkungan, dan masyarakat.

Program ini juga didukung melalui dana corporate social responsibility PT Coca-Cola Amatil Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti saat peresmian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Seminyak, Kabupaten Badung, Sabtu (28/7/2018).Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti saat peresmian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Seminyak, Kabupaten Badung, Sabtu (28/7/2018).

Pembangunan TPST 3R Seminyak dilakukan tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp 650 juta di atas lahan seluas 570 meter persegi.

Sejumlah fasilitas pendukung TPST 3R Seminyak yaitu 5 truk sampah, 1 bak motor sampah, 2 mesin pencacah plastik, 1 mesin ayakan, 3 gerobak sampah, dan 1 gedung komposting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X