Catat, Apartemen Seharga Rp 500 Juta di Jabodetabek (I) - Kompas.com

Catat, Apartemen Seharga Rp 500 Juta di Jabodetabek (I)

Kompas.com - 29/07/2018, 15:04 WIB
Ilustrasi apartemen.vkyryl Ilustrasi apartemen.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah pengembang properti berlomba-lomba membangun proyek apartemen yang ditujukan untuk berbagai kelas ekonomi masyarakat.

Salah satu proyek hunian vertikal yang banyak peminatnya yaitu untuk kelas menengah ke bawah.

Kompas.com mencatat beberapa proyek yang dilansir atau masih dipasarkan pada rentang waktu semester I-2018 dengan harga Rp 500 jutaan per unit.

Berikut daftarnya:

1. Parkland Avenue

Parkland Apartment merupakan pembangunan tahap pertama superblok Parkland Avenue  yang meliputi apartemen, SOHO, area belanja, serta hotel.

Superblok ini dibangun di Jalan Raya Serpong dan berada dalam radius 500 meter dari kawasan bisnis BSD City.

Apartemen di Tower Parkland terdiri dari 802 unit. Mulai dipasarkan tiga tahun lalu, saat ini harga per unitnya berkisar Rp 500 juta. Sejak dipasarkan, harganya sudah naik 40 persen.

Pengembang superblok Parkland Avenue, PT Trimitra Propertindo, optimistis permintaan pasar akan tetap stabil, terutama untuk pasar properti di bawah harga Rp 1 miliar.

Untuk itulah, selain mendorong penjualan, Trimitra menargetkan seluruh proyek di dalam superblok ini akan selesai dibangun pada akhir 2021 mendatang.

Direktur Utama PT Trimitra Propertindo Suryadi Tan mengatakan Parkland Tower sudah terjual 90 persen.

"Profil pembeli umumnya profesional muda, pasangan menikah baru investor, bahkan ada juga orang dari luar kota," kata Suryadi. pada acara serah terima Tower Parkland, Rabu (14/3/2018).

2. Royal Tajur

Project Manager Royal Tajur Ardian Hendra mengatakan, Royal Tajur akan mengembangkan dua menara apartemen eksklusif berkapasitas 79 unit dan 80 unit apartemen pada masing-masing menara.

Untuk pengembangan apartemen Royal Heights ini, Royal Tajur menyiapkan lahan seluas 5.415 meter persegi.

"Eksklusif hanya lima lantai. Ini akan kami rilis pada Mei nanti," ujar Ardian, Kamis (5/4/2018).

Saat ini, PT Tajur Surya Abadi, anak usaha Suryamas Group sebagai pengembang Royal Tajur, sudah membuka proses pemesanan nomor urut pemesanan (NUP) bagi pembeli.

NUP ini disebut juga sebagai kartu prioritas bagi pembeli potensial sebelum proyek apartemen ini diluncurkan.  

"Sekarang kami berencana melepas satu tower dulu yang isinya 80 unit. Kalau permintaan NUP melonjak, kami siap untuk lepas dua tower sekaligus. Target kami pada Mei nanti satu tower sold out," ucapnya.

Surya Abadi menawarkan unit apartemen dengan harga mulai Rp 299 juta untuk tipe satu tempat tidur, Rp 400 jutaan untuk tipe dua tempat tidur, serta Rp 800 jutaan untuk tipe tiga tempat tidur.

3. Cleon Park Apartment

PT Mitra Sindo Sukses meluncurkan Cleon Park Apartment di kawasan perumahan berskala kota, Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur.

Ini merupakan proyek apartemen pertama yang dibangun di kawasan seluas 370 hektar JGC.

"Pengenalan produk sudah kami lakukan Kamis lalu dan pemilihan unit akan kami gelar pertengahan Mei nanti," ujar Direktur Utama PT Mitra Sindo Sukses, Sami Miettinen, Senin (16/4/2018).

Selain pasarnya terbuka dan fasilitas pendukungnya sudah siap, menurut sami, fasilitas di dalam JGC sudah lengkap, mulai AEON Mall, pasar modern, area komersial, sekolah, serta pusat kuliner.

"Sebentar lagi IKEA juga akan dibangun di seberang AEON," tambah Sami. 

GM Marketing and Sales Jakarta Garden City, Hyronimus Yohanes, menambahkan bahwa akses menuju kawasan JGC semakin terbuka dan mudah selepas beroperasinya jalan tol Tanjung Priok yang menghubungkan ruas tol JORR Cakung-Cilincing dengan jalan tol dalam kota.

"Lokasi JGC kan di pinggir jalan tol Cakung-Cilincing sehingga enggak jauh dari gerbang tol Cakung Timur," kata Yohanes atau akrab disapa Roni.

Roni menjelaskan, Cleon Park Apartment dibangun di area premium JGC. Proyek yang menempati lahan 1,7 hektar itu akan dibuat terintegrasi dengan area komersialnya yang hanya berjarak 250 meter dari AEON Mall.

Apartemen tersebut dibangun dua tower, yaitu North dan South. Namun, untuk saat ini yang dipasarkan lebih dulu adalah tower North setinggi 24 lantai dan terdiri dari 310 unit.

Luas unit apartemen untuk tipe studio sekitar 32 meter persegi dengan harga mulai dari Rp 498 juta dengan kondisi semi-furnished.

4. The Canary

The Canary merupakan tower kedua dari Parkland Avenue yang terdiri dari apartemen, SOHO, area belanja, serta hotel.

Direktur Utama PT Trimitra Propertindo Suryadi Tan mengatakan, investasi yang disiapkan untuk membangun apartemen yang berlokasi di Jalan Raya Serpong ini sebesar Rp 300 miliar. Serah terima unit apartemen ini direncanakan pada 2021.

Adapun tower The Canary merangkum sebanyak 603 unit apartemen dalam dua tipe, yakni studio dan dua tempat tidur.

Per unit, Trimitra menawarkan harga mulai Rp 300 jutaan menggunakan fasilitas kredit pembiayaan apartemen dari beberapa rekanan bank.

Trimitra menargetkan peletakan batu pertama proyek ini pada kuartal kedua 2019.

5. JP Apartment

Pengembang apartemen masih berharap banyak untuk menggarap potensi pasar mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus.

Chief Executive Officer (CEO) Greenwoods Group, Okie Imanto, menjelaskan, hal itulah yang mendasari  JP Apartment dikembangkan di kawasan pendidikan Dramaga, Bogor.

Di lahan seluas 1,2 hektar, akan dibangun 3 menara apartemen yang terdiri dari 1.500 unit.

Untuk mengembangkan proyek ini, Greenwoods menyiapkan investasi Rp 350 miliar.

Okie mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan tower pertama dapat terserap 80 persen sampai 90 persen dan akan mulai dibuka pemasaran Tower 2.

Untuk tower pertama ini, diserahterimakan secara bertahap 24 bulan setelah ground breaking.

Adapun Tower 2 dan 3 akan diserahterimakan secara bertahap akhir 2021, sedangkan keseluruhan proyek selesai seluruhnya tahun 2021.

JP Apartment dipasarkan dengan rentang harga Rp 200 jutaan sampai Rp 400 jutaan.


Komentar
Close Ads X