Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Manchester, Pabrik Pesawat Tua Disulap Jadi Apartemen Mewah

Kompas.com - 18/07/2018, 08:53 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagaimana rasanya tinggal di tempat bersejarah? Anda mungkin membayangkan tempat-tempat seperti kastil atau rumah lawas bergaya Victoria.

Namun pernahkah Anda membayangkan tinggal di sebuah tempat bekas pabrik pesawat saat Perang Dunia?

Di Manchester tepatnya daerah Ancoats, sebuah pabrik bekas pembuatan pesawat Perang Dunia kedua ditawarkan untuk menjadi rumah tinggal.

Tampilan pabrik A.V. Roe and Company (Avro) saat Perang Dunia II. Pabrik  ini dulunya merupakan tempat perakitan pesawat terbang Lancaster Bomber Tampilan pabrik A.V. Roe and Company (Avro) saat Perang Dunia II. Pabrik ini dulunya merupakan tempat perakitan pesawat terbang Lancaster Bomber
Pabrik yang dibangun pada tahun 1925 ini dulunya dikenal dengan nama Brownsfield Mill milik A.V. Roe and Company (Avro), produsen pesawat yang membuat pesawat pengebom Lancaster Bomber selama PD II. A.V. Roe and Company merupakan salah satu pabrik pesawat terbang pertama di dunia.

Pengembang Urban Splash telah menghabiskan 10 juta poundsterling untuk mengubah bangunan bekas pabrik ini menjadi flat mewah untuk tempat tinggal.

Desain bangunan dikerjakan oleh arsitek Roger Stephenson.

Setelah berbagai perombakan, gedung tua ini kini siap dihuni pada musim panas tahun 2019.

Harganya berkisar 425 ribu poundsterling dan 670 ribu poundsterling untuk apartemen dengan dua dan tiga kamar.

“Kami berkomitemen penuh untuk menjaga sejarah dari bangunan ini bagi masa depan dan sebagian besar struktur akan dipelihara setelah selesai pembangunan,” ujar Guy Ackernley, Direktur Perumahan Urban Splash.

Ackernley menambahkan bahwa bangunan ini merupakan perpaduan sempurna bagi mereka pecinta arsitektur tradisional, dengan menghadirkan sejarah yang tinggal dan hidup bersama.

“Brownsfield Mill merupakan salah sattu bangunan pabrik yang tak tersentuh di kota dan kami tertarik untuk melepaskan kreativitas di sana,” paparnya.

Menariknya, interior ruangan apartemen masih mempertahankan desain asli bangunan. Pihak pengembang memutuskan untuk tetap menonjolkan struktur asli pabrik, lengkap dengan bata yang terekspos, beton balok, dan besi cor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com