Tahun 2100, Kota Terbesar Dunia Ada di Afrika

Kompas.com - 25/07/2018, 17:00 WIB
Patung Nelson Mandela terbesar di dunia diresmikan di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, Senin (16/12/2013). ALEXANDER JOE / AFPPatung Nelson Mandela terbesar di dunia diresmikan di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, Senin (16/12/2013).

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah umat manusia, kota-kota yang dianggap terbesar memiliki luas dan jumlah penduduk yang besar pula.

Selama ribuan tahun, kota-kota besar di dunia tak dapat mempertahankan jumlah penduduk lebih dari satu jiwa. Namun pada abad ke-19 sejumlah kota seperti London dan Beijing mampu mengungguli jumlah tersebut.

Meski demikian, pada era modern seperti saat ini, jumlah tersebut tidak lagi istimewa. Kota-kota sekarang ini bertransformasi menjadi megapolitan dengan penduduk yang lebih banyak dari jumlah itu.

Baca juga: Kini, Ethiopia Sudah seperti China di Afrika

Seperti ukuran populasi kota Tokyo modern hari ini, pasti sulit dibayangkan bagi orang-orang yang hidup pada abad ke-19.

Bahkan di China sendiri, ada lebih dari 100 kota yang memiliki penduduk satu juta jiwa. Tentunya, hal ini telah mengubah definisi kota besar pada era milenial.

Hal ini karena pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk di berbagai negara. Populasi global sendiri diperkirakan akan bertambah dari 2 miliar jiwa menjadi 5 miliar pada tahun 2030.

Potensi urbanisasi juga akan meningkat, di mana 70 persen populasi dunia akan tinggal di perkotaan pada tahun 2050.

Perkiraan jumlah masyarakat yang tinggal di perkotan pada tahun 2050 sebesar 70 persen dari populasi global. Perkiraan jumlah masyarakat yang tinggal di perkotan pada tahun 2050 sebesar 70 persen dari populasi global.
Daftar Kota Besar Dunia

Para peneliti dari Global Cities Institute telah melakukan penelitian mengenai potensi kota besar masa depan.

Hasilnya, berdasarkan laporan yang dipublikasikan, pada tahun 2100 mendatang sekitar 13 kota terbesar dunia akan berlokasi di benua Afrika.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X