Tahun 2100, Kota Terbesar Dunia Ada di Afrika - Kompas.com

Tahun 2100, Kota Terbesar Dunia Ada di Afrika

Kompas.com - 25/07/2018, 17:00 WIB
Patung Nelson Mandela terbesar di dunia diresmikan di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, Senin (16/12/2013).ALEXANDER JOE / AFP Patung Nelson Mandela terbesar di dunia diresmikan di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria, Senin (16/12/2013).

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah umat manusia, kota-kota yang dianggap terbesar memiliki luas dan jumlah penduduk yang besar pula.

Selama ribuan tahun, kota-kota besar di dunia tak dapat mempertahankan jumlah penduduk lebih dari satu jiwa. Namun pada abad ke-19 sejumlah kota seperti London dan Beijing mampu mengungguli jumlah tersebut.

Meski demikian, pada era modern seperti saat ini, jumlah tersebut tidak lagi istimewa. Kota-kota sekarang ini bertransformasi menjadi megapolitan dengan penduduk yang lebih banyak dari jumlah itu.

Baca juga: Kini, Ethiopia Sudah seperti China di Afrika

Seperti ukuran populasi kota Tokyo modern hari ini, pasti sulit dibayangkan bagi orang-orang yang hidup pada abad ke-19.

Bahkan di China sendiri, ada lebih dari 100 kota yang memiliki penduduk satu juta jiwa. Tentunya, hal ini telah mengubah definisi kota besar pada era milenial.

Hal ini karena pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk di berbagai negara. Populasi global sendiri diperkirakan akan bertambah dari 2 miliar jiwa menjadi 5 miliar pada tahun 2030.

Potensi urbanisasi juga akan meningkat, di mana 70 persen populasi dunia akan tinggal di perkotaan pada tahun 2050.

Perkiraan jumlah masyarakat yang tinggal di perkotan pada tahun 2050 sebesar 70 persen dari populasi global. Perkiraan jumlah masyarakat yang tinggal di perkotan pada tahun 2050 sebesar 70 persen dari populasi global.
Daftar Kota Besar Dunia

Para peneliti dari Global Cities Institute telah melakukan penelitian mengenai potensi kota besar masa depan.

Hasilnya, berdasarkan laporan yang dipublikasikan, pada tahun 2100 mendatang sekitar 13 kota terbesar dunia akan berlokasi di benua Afrika.

Daftar tersebut juga memuat tiga kota besar di India yang masuk dalam daftar kota terbesar. Yang paling mengejutkan adalah, kota-kota di Amerika, Eropa, dan China tidak masuk ke dalam daftar tersebut.

Pada tahun 2100 mendatang, sejumlah kota di benua Afrika diprediksi akan menjadi kota terbesar di dunia dengan peningkatan jumlah populasi yang signifikan. Pada tahun 2100 mendatang, sejumlah kota di benua Afrika diprediksi akan menjadi kota terbesar di dunia dengan peningkatan jumlah populasi yang signifikan.

Berikut data tiga kota terbesar di dunia menurut Global Cities Institute.

1. Lagos, Nigeria

Kota terbesar di Nigeria ini mengalami pertumbuhan jumlah penduduk yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, hingga tidak diketahui jumlah pasti yang tinggal di Lagos.

Bahkan hampir setiap hari ada sekitar 2.000 orang yang bermigrasi. Hingga kini, diperkirakan ada 11 juta hingga 21 juta orang yang hidup di kota ini.

Dengan kondisi ini, pada tahun 2100 nanti, jumlah penduduk Lagos diperkirakan akan mencapai 88 juta jiwa.

2. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo

Ibu kota negara Reublik Demokratik Kongo ini akan berada di urutan kedua dengan jumlah penduduk terbanyak. Pada tahun 2100 diperkirakan populasi kota ini mencapai 83 juta jiwa.

3. Dar Es Salaam, Tanzania

Seakan tak mau kalah, kota Dar Es Salaam diperkirakan akan dihuni oleh 74 juta jiwa. Jumlah ini meningkat sebanyak 1.588 persen dari total penduduk Dar Es Salaam saat ini, yakni sekitar 4,4 juta jiwa.



Close Ads X