Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan 19 Pintu Tol Saat Asian Games Masih Belum Pasti

Kompas.com - 24/07/2018, 23:59 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penutupan 19 pintu tol di Jakarta dalam rangka penyelenggaraan Asian Games 2018 masih dalam rencana dan belum bisa dipastikan penerapannya.

Hal itu masih dibicarakan oleh sejumlah lembaga yang berwenang, salah satunya yaitu Kementerian Perhubungan.

“Saya memang lagi berdiskusi dengan tim mengenai segala upaya untuk memberikan level of service. Kami belum bisa pastikan 19 pintu tol itu. Dalam satu minggu ini akan kami evaluasi,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (24/7/2018) di Gedung DPR, Jakarta.

Baca juga: Rekayasa Lalin Asian Games, Waktu Tempuh Wisma Atlet-Venue 30 Menit

Dia mengatakan, target waktu tempuh perjalanan para atlet dan ofisial Asian Games dari Wisma Atlet di Kemayoran menuju venue masing-masing dalam 30 menit tetap harus dilaksanakan.

Namun, kepentingan masyarakat juga perlu dipikirkan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

“Setengah jam dari tempat menginap ke tempat bertanding itu jangan terus membabi buta. Saya akan evaluasi apa-apa yang dilakukan karena kami juga mempunyai dua tugas,” ucap Budi.

Dua tugas yang dimaksud, lanjutnya, yaitu memberikan pelayanan yang baik kepada para atlet dan ofisial, serta memberikan pelayanan yang baik juga kepada masyarakat.

Petugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol.Dokumentasi Jasa Marga Petugas gardu Jasa Marga sedang melayani pengemudi untuk membayar tol.
“Satu sisi kami memberikan level of service yang baik kepada tamu-tamu kita, tapi kami juga harus memberikan suatu hal yang baik kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya sempat beredar informasi bahwa Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana memberlakukan sistem buka tutup pada 19 pintu tol di wilayah Jakarta pada jam tertentu menjelang perhelatan Asian Games 2018.

Penutupan itu berlaku pada pukul 06.00-17.00 WIB di Pintu Tol Ancol Barat, Jembatan Tiga 1, Angke 2, Tanjung Duren, Off Ramp RS Harapan Kita, Slipi 2, Podomoro, Rawamangun, Pedati, dan TMII.

Sedangkan penutupan dari pukul 12.00-21.00 WIB berlaku di Pintu Tol Gedong Panjang 2, Jembatan Tiga 2, Angke 1, Jelambar 1, Slipi 1, Sunter, Jatinegara, Kebon Nanas, dan TMII.

Sistem buka tutup pintu tol itu dilakukan secara periodik oleh kepolisian selaku pihak yang berwenang dan diprioritaskan untuk tiga rute.

Ketiga rute itu yakni Stadion Gelora Bung Karno, Velodrome, dan Cibubur. Penutupan pintu tol selain di ketiga rute itu akan dilaksanakan oleh kepolisian.

Selain itu, skema ganjil genap juga diberlakukan di 10 ruas jalan pada pukul 06.00-21.00 WIB, yaitu di Jalan Benyamin Sueb, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan S Parman, Jalan Rasuna Said, Jalan MT Haryono, dan Jalan Metro Pondok Indah.

Namun, hingga saat ini rencana itu belum bisa dipastikan akan diterapkan atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com