2020, Indonesia Punya Pencakar Langit 70 Lantai

Kompas.com - 17/07/2018, 21:08 WIB
Thamrin Nine Complex, Thamrin, Jakarta Pusat. dokumen Putragaya WahanaThamrin Nine Complex, Thamrin, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun mendatang atau tepatnya 2020, Indonesia akan memiliki pencakar langit yang mengangkasa setinggi 333,5 meter yang mencakup 70 lantai.

Kelak, gedung bernama Thamrin Nine Tower 1 ini merebut rekor tertinggi yang saat ini masih tersemat pada Gama Tower milik bersaudara Ganda dan Martua Sitorus.

Bila mengacu pada Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH), Thamrin Nine Tower 1 masuk kategori supertall atau di atas 300 meter.

Perkembangannya saat ini sudah mencapai 32 lantai dan akan tutup atap (topping off) pada pertengahan 2019, untuk kemudian secara resmi beroperasi pada 2020.

Baca juga: Bakal Gedung Tertinggi di Indonesia Itu Progresnya Sudah 32 Lantai

Presiden Direktur PT Putragaya Wahana Alvin Gozali selaku pengembang Thamrin Nine Tower 1 berkisah kepada Kompas.com, bahwa untuk mempersiapkan gedung tinggi ini butuh satu dekade.

"Kami sudah merintisnya sejak 2008 silam. Kami ingin ada ikon yang mewakili Jakarta sebagai kota metropolitan dunia. Jika Kuala Lumpur punya Petronas Tower, Jakarta harus punya sesuatu yang dapat dibanggakan," papar Alvin, Senin (16/7/2018).

Apartemen Le Parc Thamrin Nine, Jakarta Pusat.Putragaya Wahana Apartemen Le Parc Thamrin Nine, Jakarta Pusat.
Tak sekadar jangkung, menurut Direktur Desain PT Putragaya Wahana Michael Winner, Thamrin Nine Tower 1 merupakan pencakar langit berstandar internasional kelas A.

"It is a world 'A' class building. Dirancang hemat energi hingga 30 persen," kata Michael.

Bukan sembarang klaim, hasil karya Kohn Pedersen Fox Association ini telah mendapat sertifikasi Green Mark dari BCA Singapura dengan peringkat Platinum.

Komisaris PT Putragaya Wahana yang juga Dosen Institut Teknologi Bandung Indra Djati Sidi menjamin Thamrin Nine Tower 1 sebagai gedung denga keamanan dan standar seismik 25 persen lebih tinggi dari kode bangunan saat ini.

Baca juga: Para Taipan Pemilik Lima Gedung Tertinggi di Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.