Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Selenggarakan Asian Games 2018

Kompas.com - 14/07/2018, 12:12 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menyelenggarakan Asian Games XVIII pada 18 Agustus 2018 mendatang.

Pernyataan ini disampaikan Presiden usai mencoba venue dayung dan ikut mengayuh bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan beberapa atlet Kejuaraan Nasional Dragon Boat sejauh lebih kurang 300 meter.

Presiden menilai persiapan 14 venue dan fasilitas Asian Games Jakabaring Sport City Center, Palembang, 99 persen rampung. Tersisa pekerjaan penyelesaian akhir.

Baca juga: Kualitas Wisma Atlet Jakabaring Sekelas Hotel Bintang Tiga

"Dengan demikian saya nyatakan Indonesia siap. Jakarta siap dan Palembang juga siap menyelenggarakan dan menyambut 16.000 atlet serta ofisial Asian Games 2018," tegas Jokowi, Sabtu (14/7/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Presiden juga mengatakan Indonesia memiliki peluang untuk menempatkan diri di posisi ke-10. Pada 2014, Indonesia hanya berada di peringkat 17.

"Saya menetapkan target peringkat minimal 10 besar, syukur-syukur 8 besar. Target ini sudah saya sampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi," tambah Presiden.

Imam menambahkan, cabang olahraga yang diunggulkan dapat meraih emas adalah dayung, panjat tebing, dan skateboard.

"Kami akan memberikan bonus kepada atlet peraih emas. Ini bonus terbesar sepanjang sejarah yakni Rp 1,5 miliar, rumah dan status aparat sipil negara (ASN)," kata Imam.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com