5 Megaproyek Ini Akan Mengubah Wajah Srilanka - Kompas.com

5 Megaproyek Ini Akan Mengubah Wajah Srilanka

Kompas.com - 13/07/2018, 21:35 WIB
The One Srilanka - Srilanka pun tak luput dari radar investor. Proyek-proyek infrastruktur mulai merambah negara yang terletak di Selatan India ini.property-report.com The One Srilanka - Srilanka pun tak luput dari radar investor. Proyek-proyek infrastruktur mulai merambah negara yang terletak di Selatan India ini.

KOMPAS.com - Negara yang pernah dilanda perang saudara berkepanjangan ini kini mengalami peningkatan pesat di bidang ekonomi.

Melansir World Bank, negara dengan 21,4 juta orang penduduk ini memiliki PDB per kapita sebesar 4.065 dollar AS pada tahun 2017.

Sejak perang saudara berakhir pada tahun 2009, ekonomi Srilanka perlahan tumbuh rata-rata 5,8 persen per tahun.

Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah dan masyarakatnya untuk memulai rekonstruksi dan pertumbuhan, meski ada tanda-tanda penurunan pada tiga tahun terakhir.

Perekonomian juga sedang bertransisi, dari kawasan pedesaan menjadi lebih urban dengan berorientasi pada manufaktur dan jasa.

Tingkat kemiskinan penduduk juga turun menjadi 4,1 persen pada tahun 2016, jauh dari 23 persen yang tercatat pada 2012 hingga 2013.

Dengan kondisi ini, Srilanka pun tak luput dari radar investor. Proyek-proyek infrastruktur mulai merambah negara yang terletak di Selatan India ini.

Kini Srilanka perlahan menjelma menjadi kawasan modern. Beberapa proyek pembangunan bahkan digadang-gadang akan mengubah wajah Srilanka menjadi lebih modern, seperti:

1. The One

Bangunan ini nantinya akan menjadi gedung tertinggi di kawasan Asia Selatan. The One merupakan kompleks hunian dan hotel yang dilengkapi dengan beragam destinasi hiburan seperti mal.

Gedung ini nantinya akan berdiri setinggi 376 meter dan diperkirakan rampung pada tahun 2021. The One dilengkapi dengan dua buah tower.

Masing-masing akan tower akan menjadi tempat bagi The Ritz Carlton Hotel dan The Ritz Carlton Residences.

Para penghuni akan mendapatkan akses keamanan tingkat tinggi dengan fitur akses biometrik. Bangunan ini juga akan dilengkapi dengan sebuah helipad.

2. Port City Colombo

Port City Colombo merupakan proyek reklamasi yang menelan biaya hinga 15 miliar dollar AS Port City Colombo merupakan proyek reklamasi yang menelan biaya hinga 15 miliar dollar AS
Seakan tak ingin kalah, pengembang asal China juga akan menjajaki Srilanka. Port City Colombo merupakan proyek reklamasi yang menelan biaya hingga 15 miliar dollar AS, dan akan menjadi penyambung bagi ibu kota Srilanka dan penghubung kawasan maritim antara Asia dan Eropa di sepanjang jalur sutera China.

Kompleks ini akan nantinya akan berisi kantor kelas atas, hotel, fasilitas perawatan kesehatan, ritel dan hiburan.

Berada di lahan seluas 269 hektar, kompleks ini akan terbagi menjadi kawasan, yakni Colombo International Financial City, Central Park, Living Island, Marina dan kawasan International Island.

3. Altair

Proyek ini meibatkan arsitek terkenal Moshe Safdie. Proyek ini meibatkan arsitek terkenal Moshe Safdie.

Altair merupakan kompleks hunian mewah yang terdiri dari 404 unit. Gedung ini menjulang 240 meter dan akan menampung 68 lantai. Altair juga menempati peringkat tertinggi di Asia Selatan.

Proyek ini meibatkan arsitek terkenal, Moshe Safdie. Rancangan gedungnya sendiri akan menjadi salah satu yang ikonik unik di Colombo.

Ini karena dua gedung yang akan dibangun berbentuk tidak simeteris. Satu gedung akan berdiri tegak, sementara gedung yang lain akan terlihat seolah bersandar pada bangunan lainnya.

4. Cinnamon Life

Cinnamon Life merupakan salah satu pengembang yang paling unik dan stylish di Asia Selatan.

Cinammon Life akan menyediakan 800 kamar, hotel bintang lima, serta 427 apartemen premium. Kompleks ini juga akan dilengkapi dengan menara perkantoran setinggi 30 lantai.

5. Capital TRUST Residencies - Vajira Road

Proyek ini terdiri dari delapan lantai dengan 16 apartemen di dalamnya. Setiap apartemen memiliki dilengkpi perlengkapan dan aksesori dengan kualitas nomor satu.

Kompleks apartemen ini dirancang oleh Milroy Perera Associates, arsitek terkemuka di Srilanka yang terkenal akan rancangan bangunan mewah mewah, dan dibangun oleh perusahaan konstruksi papan atas dengan status ICTAD C1, kelas tertinggi yang dapat dicapai oleh perusahaan konstruksi.


Komentar
Close Ads X