5 Ide Perabot Hunian Bergaya Industrial - Kompas.com

5 Ide Perabot Hunian Bergaya Industrial

Kompas.com - 13/07/2018, 07:00 WIB
Ruang keluarga di salah satu hunian di Houston, Amerika Serikat, ini memiliki plafon dan dinding ekspos yang tampak apik. Kedua material ini memberikan kesan industrial. Begitu juga dengan jendela berukuran besar dan penggunaan barang-barang dari besi dan kayu.Peter Molick Ruang keluarga di salah satu hunian di Houston, Amerika Serikat, ini memiliki plafon dan dinding ekspos yang tampak apik. Kedua material ini memberikan kesan industrial. Begitu juga dengan jendela berukuran besar dan penggunaan barang-barang dari besi dan kayu.

KOMPAS.com - Desan industrial tengah marak diterapkan, baik di kantor, apartemen, bahkan untuk desain interior rumah.

Interior seperti ini memperlihatkan ruangan yang belum selesai, seperti pipa yang terbuka, dinding hingga perabotankayu, dan saluran air yang terekspos.

Gaya ini sering menampilkan bata, beton, atau balok terbuka. Kehadiran logam pada tembok dan pintu juga menjadi salah satu fitur kunci desain industrial.

Untuk warna, gaya industrial sering menggunkan warna-warna monokrom. Selain itu desain industrial juga sering menampilkan konversi bekas industri pabrik sebagai salah satu elemennya.

Ada banyak cara untuk mendapatkan gaya dan nuansa industrial pada hunian Anda, salah satunya adalah dengan memilih furnitur yang sesuai.

Umumnya desain industrial memakai perabot bergaya vintage. Bahkan banyak yang benar-benar menggunakan barang-barang antik sebagai dekorasi.

Sementara yang lain terinspirasi oleh barang-barang yang biasanya ditemukan di pabrik.

Jika anda berkeinginan menata rumah dengan gaya industrial, coba pertimbangkan pemilihan furnitur yang tepat seperti

1. Kursi bar

Salah satu perabot yang identik dengan gaya industrial adalah kursi bar. Kursi jenis ini biasanya terbuat dari bahan kayu atau logam. Jangan ragu untuk berburu barang bekas di pasar loak.

Dibanding kayu, bahan dari besi lebih kuat dibanding sofa. Anda tidak perlu khawatir kuris akan habis dimakan rayap atau kutu yang biasanya ada pada sofa.

2. Rak buku logam

Dibanding membeli banyak perbaot, Anda bisa menggunakan satu atau dua buah perabot yang menunjukkan elemen industrial seperti rak buku dari logam.

Anda juga bisa memanfaatkan pipa besi dan lembaan kayu untuk dijadikan rak buku. Bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat meja.

3. Meja dengan roda

Dekorasi industrial memaksimalkan penggunaan barang-barang bekas pakai dari material besi dan kayu. Salah satu caranya adalah dengan membuat meja kopi dengan kaki yang terbuat dari roda.

Anda bisa menggunakan meja kayu bekas dan menambahkan roda pada kaki-kakinya. Selain sebagai pelengkap interior, meja beroda ini memudahkan Anda untuk memindahkannya saat dibutuhkan.

Dekorasi industrial memaksimalkan penggunaan barang-barang bekas pakai dari material besi dan kayu. Salah satu caranya adalah dengan membuat meja kopi dengan kaki yang terbuat dari roda.http://www.elementalarchitecture.com Dekorasi industrial memaksimalkan penggunaan barang-barang bekas pakai dari material besi dan kayu. Salah satu caranya adalah dengan membuat meja kopi dengan kaki yang terbuat dari roda.
4. Kursi

Manfaatkan kayu bekas gulungan kabel untuk menjadi kursi teras rumah. kesan industrial akan semakin terasa ketika Anda menggunakan baran-barang bekas industri.

Namun ingat untuk selalu mengecek keamanan barang sebelum digunakan sebagai perabot rumah.

5. Gantungan Baju

Anda bisa menggunakan gantungan baju yang berasal dari kayu-kayu bekas. Perbaiki permukaan kayu dengan mengampelasnya.

Lalu buatlah menyerupai jemuran mini untuk menaruh kaus atau celana yang akan digunakan.

6. Mason jar

Mason jar bisa menjadi salah satu elemen penarik perhatian dalam rumah atau ruangan bergaya industrial. Selain sebagai aksen, mason jar juga bisa digunakan sebagai pengganti vas bunga.

Selain itu, mason jar juga bsia digunakan untuk menhyimpan beragam bahan di dapur atau tempat penyimpanan barang-barang berukuran kecil di ruang tamu.



Close Ads X