Siasat Menyusun Furnitur di Apartemen Mungil Bercat Gelap - Kompas.com

Siasat Menyusun Furnitur di Apartemen Mungil Bercat Gelap

Kompas.com - 11/07/2018, 21:00 WIB
Warna cat hitam pada apartemen studio.Apartementtherapy.com Warna cat hitam pada apartemen studio.

KOMPAS.com - Anda tidak akan pernah mengira jika luas sebuah apartemen studio di Manhattan, AS, ini hanya sekitar 32 meter persegi.

Warna dindingnya yang gelap, tentu akan membuat Anda berpikir bahwa apartemen ini bak sebuah gua di tengah kota.

Tidak salah memang. Namun, dengan trik pengaturan furnitur yang tepat, apartemen studio 'gelap' Anda tidak akan terlihat seperti gua.

Berikut trik yang bisa Anda ikuti, seperti dirangkum Kompas.com dari Apartementtherapy:

Dinding yang memiliki permukaan terpanjang dicat warna hitam.Apartementtherapy.com Dinding yang memiliki permukaan terpanjang dicat warna hitam.

1. Catlah permukaan terpanjang dengan warna gelap

Dindin yang memiliki bagian terpanjang di apartemen ini sengaja dicat dengan warna yang benar-benar hitam dan gelap.

Namun, untuk langit-langit serta bagian dinding lain yang memiliki ukuran lebih pendek, dicat menggunakan warna yang lebih netral.

Trik ini rupanya cukup ampuh untuk mengelabui mata, kenapa?

Pertama, warna gelap pada dinding tersebut memberikan penegasan terhadap panjang apartemen. Sementara warna terang bertugas mengelabui mata untuk menjadikannya sebagai sumber pencahayaan.

Trik ini rupanya mampu membuat ruangan terlihat lebih besar dan luas. Adanya perbedaan warna yang kontras itulah yang membuat mata seakan dikelabui.

Bagian tepi dan sisi pada batas tembok dicat warna hitam matte sebagai finishing.Apartementtherapy.com Bagian tepi dan sisi pada batas tembok dicat warna hitam matte sebagai finishing.
2. Pilih finishing yang benar

Faktanya, warna hitam pada apartemen studio tersebut bukanlah warna yang mengkilap. Namun, justru itulah yang paling menguntungkan.

Pada bagian tepi dan batas dari dinding apartemen tersebut disamarkan oleh cat berwarna hitam matte sebagai finishingnya.

Warna tersebut, ternyata juga dapat membantu dalam membuat apartemen mungil Anda terlihat lebih besar.

Benda besar berwarna sama dipilih agar lebih berbaur.Apartementtherapy.com Benda besar berwarna sama dipilih agar lebih berbaur.
3. Biarkan benda-benda besar berbaur

Untuk menyarukan benda-benda berukuran besar, seperti rak buku atau meja makan, tidak ada salahnya untuk memilih warna hitam.

Hal ini memungkinkan benda-benda besar itu berbaur dengan warna tembok, sehingga secara visual tidak terlalu menonjol.

Di samping itu, benda-benda berwarna senada juga memberikan kesan penegasan terhadap panjangnya dinding.

Benda-benda berwarna kontras dipilih, seperti sofa dan bingkai.Apartementtherapy.com Benda-benda berwarna kontras dipilih, seperti sofa dan bingkai.
4. Pilih dekorasi kontras

Sementara itu, beberapa benda juga harus memiliki warna yang kontras dari warna dinding. Misalnya, sofa beige berwarna krem ringan, hingga bingkai pajangan berwarna putih berukuran besar.

Cermin diletakkan di bagian sudut ruangan untuk memantulkan sinar matahari yang masuk.Apartementtherapy.com Cermin diletakkan di bagian sudut ruangan untuk memantulkan sinar matahari yang masuk.
5. Pikirkan hadirnya cahaya alami

Di ruangan tersebut, terdapat dua buah cermin yang cukup mencolok karena ukurannya yang lumayan besar. Dan keduanya diletakkan di bagian sudut apartemen berbeda. Salah satunya dekat jendela.

Kedua cermin itu cukup berfungsi untuk merefleksikan sinar matahari yang masuk, sehingga menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan saat pagi hingga sore hari.


Komentar
Close Ads X