Kompas.com - 10/07/2018, 16:25 WIB
Penampilan Solo Batik Carnival di Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (22/3/2018). Pabrik gula ini direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial. Kini namanya berubah menjadi De Tjolomadoe. KOMPAS.com/I MADE ASDHIANAPenampilan Solo Batik Carnival di Pabrik Gula Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (22/3/2018). Pabrik gula ini direvitalisasi menjadi tempat wisata dan kawasan komersial. Kini namanya berubah menjadi De Tjolomadoe.

SOLO, KOMPAS.com - Kota Solo akan menyelenggarakan event tahunan Solo Batik Carnival (SBC) 2018, pada tanggal 11-15 Juli 2018 mendatang.

Tahun ini, pergelaran yang telah memasuki usia kesebelas ini mengambil tema Ika Paramartha, dan secara teknis mengangkat tema batik Nusantara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu berbeda dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya yang hanya mengangkat batik Jawa. Namun perhelatan SBC tahun ini kurang terasa gaungnya.

Baca juga: Solo Batik Carnival Tak Pengaruhi Okupansi Hotel Solo

Hal ini disampaikan oleh General Manager The Alana Hotel and Convention Center yang juga menjabat sebagai Humas dan Promosi Perhimpunan Hotel Indonesia (PHRI) Surakarta Sistho A. Sreshtho.

Dalam penyelengaraan sebelumnya, acara ini sering diadakan bertepatan dengan banyak event pemerintahan dan corporate.

Pada tahun ini, perhelatan SBC diselenggarakan bersamaan dengan adanya Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, pada tanggal 11-15 Juli di Hotel Alila.

Menurutnya, pengunjung yang khusus datang untuk menyaksikan kurang dari lima persen. Hotel cenderung penuh karena ada kegiatan dari pemerintahan.

“Hotel memang penuh, Kota Solo memang penuh, tapi mungkin tidak banyak yang datang karena fokus melihat SBC,” ujar Sistho kepada Kompas.com, Senin (9/7/2018) malam.

Jember Fashion Carnaval 2017 bertema Victory berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). Hadir Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.ARSIP KEMENPAR Jember Fashion Carnaval 2017 bertema Victory berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). Hadir Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Ia membandingkan dengan acara serupa yang diadakan di Jember, yakni Jember Fashion Carnaval. Menurutnya, pergelaran yang diselenggarakan di Jember lebih baik dari segi promosi.

“Jember lebih baik, promosinya lebih unggul dan jadi program unggulan bagi pariwisata Jember,” tutur Sistho.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.