Ingin Menambah Kehangatan? Tiru Dekorasi Ruang Keluarga Berikut... - Kompas.com

Ingin Menambah Kehangatan? Tiru Dekorasi Ruang Keluarga Berikut...

Kompas.com - 08/07/2018, 20:30 WIB
Cover Pavilion Apartment di Jakarta karya Design InterventionArsitag.com Cover Pavilion Apartment di Jakarta karya Design Intervention

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi lokasi paling sentral dan strategis di rumah, sebagai pusat kegiatan setiap anggota keluarga.

Mulai dari menonton televisi, bercengkerama sambil berbagai cerita, hingga bernyanyi sekali pun, dapat dilakukan di sini.

Umumnya, ruang keluarga berada di bagian tengah sebuah rumah atau di posisi yang paling mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga.

Di Indonesia sendiri, ruang keluarga identik dengan ruang TV. Untuk itu, menjadi sebuah kewajiban bila di ruang keluarga terdapat televisi yang dapat digunakan untuk menonton film bersama-sama.

Sementara di luar negeri, selain terdapat televisi, ruang keluarga biasanya juga dilengkapi dengan perapian pada bagian tengahnya.

Pasalnya, ada empat musim yang membuat suhu udara mencapai di bawah 0 derajat ketika musim dingin tiba.

Untuk menambah kesan hangat, Anda tentu dapat mendekorasi ruang keluarga sedemikian rupa. Tidak perlu melakukan dekorasi berlebihan untuk mewujudkannya.

Berikut beberapa gagasan dekorasi ruang keluarga yang dirangkum Kompas.com dari Arsitag:

Dekorasi ruang keluarga Stoy House di Bandung karya Aaksen Responsible Architecture.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Stoy House di Bandung karya Aaksen Responsible Architecture.

1. Dekorasi ruang keluarga Stoy House

Perpaduan antara konsep desain industrial dan sentuhan warna-warna cerah ternyata cukup ampuh menghadirkan suasana rumah yang tidak telalu kaku, tetapi tetap terasa hangat.

Dekorasi ruang keluarga Kota Ayodhya Apartment di Tangerang karya Teddykoo.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Kota Ayodhya Apartment di Tangerang karya Teddykoo.

2. Dekorasi ruang keluarga Kota Ayodhya Apartment

Supaya dinding ruang keluarga tidak terlihat kosong, Anda bisa menambahkan dekorasi tipografi berupa kata-kata mutiara yang dapat memberi semangat kepada keluarga Anda.

Dekorasi ruang keluarga Tsang Residence di Jakarta karya studio Tau Architect.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Tsang Residence di Jakarta karya studio Tau Architect.

3. Dekorasi ruang keluarga Tsang Residence

Menemani anak-anak bermain sambil menonton televisi, tentu menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Ruang keluarga yang sekaligus dapat menjadi ruang bermain anak merupakan gagasan cemerlang.

Dekorasi ruang keluarga Brooklyn Soho & Apartment di Tangerang karya Fine Team Studio.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Brooklyn Soho & Apartment di Tangerang karya Fine Team Studio.

4. Dekorasi ruang keluarga Brooklyn Soho & Apartment

Area di sekitar tangga juga bisa disulap menjadi ruang keluarga. Hasilnya, Anda justru bisa memantau aktivitas siapapun, baik di lantai bawah maupun atas melalui ruang keluarga.

Dekorasi ruang keluarga Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Sunset Villa di Bandung karya Erwin Kusuma.

5. Dekorasi ruang keluarga Sunset Villa

Hijaunya pemandangan alam di kejauhan akan terlihat dari jendela besar di ruang keluarga. Akan semakin terasa sejuk jika dinding ruang keluarga Anda juga mengunakan batu batu ekspos.

Dekorasi ruang keluarga Residence Green Garden di Jakarta karya Evonil Architecture.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Residence Green Garden di Jakarta karya Evonil Architecture.

6. Dekorasi ruang keluarga Residence Green Garden

Ruang keluarga tidak harus terlihat kaku, Anda bisa menambahkan beberapa sntuhan warna cerah pada furniturnya agar menghasilkan sesuatu yang lebih segar.

Dekorasi ruang keluarga Rumah Kebun Mandiri Pangan di Tangerang karya Sigit.Kusumawijaya.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Rumah Kebun Mandiri Pangan di Tangerang karya Sigit.Kusumawijaya.

7. Dekorasi ruang keluarga Rumah Kebun Mandiri Pangan

Ada alat musik di ruang keluarga bergaya kontemporer? Hmm, sepertinya keluarga Anda akan semakin akrab jika bernyanyi bersama sambil diiringi oleh dentingan piano.

Dekorasi ruang keluarga The Mighty Mini - Conformable Minimax House di Bandung karya Eben.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga The Mighty Mini - Conformable Minimax House di Bandung karya Eben.

8. Dekorasi ruang keluarga The Mighty Mini - Conformable Minimax House

Tidak melulu kursi sofa, ternyata kursi lesehan juga bisa digunakan di ruang keluarga. Menonton televisi bersama sambil lesehan di lantai tentunya akan membuat Anda merasakan betapa hangatnya sebuah keluarga.

Dekorasi ruang keluarga Rumah Paris di Yogyakarta karya Vindo Design.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Rumah Paris di Yogyakarta karya Vindo Design.

9. Dekorasi ruang keluarga Rumah Paris

Konsep shabby chic dengan penggunaan warna-warna cerah dan pastel sebenarnya tidak identik dengan hal yang feminim.

Jika rumah Anda bergaya shabby chic, ruang kelarga Anda justru akan menjadi lebih hangat dan berwarna.

Dekorasi ruang keluarga Private Villa di Bogor karya Rudy Dodo.Arsitag.com Dekorasi ruang keluarga Private Villa di Bogor karya Rudy Dodo.

10. Dekorasi ruang keluarga Private Villa

Kursi sofa yang nyaman dan bean bag yang santai akan menciptakan suasana sore yang hangat. Jadi, ayo berkumpul bersama keluarga Anda.


Komentar
Close Ads X