Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Pekerjaan Trotoar, Basuki Jalan Kaki 3 Kilometer

Kompas.com - 06/07/2018, 23:13 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara mendadak mengecek pekerjaan trotoar di sepanjang koridor Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jumat (6/7/2018) sore.

Dengan berjalan kaki, Basuki menyusuri jalur pedestrian yang kini tengah dipercantik untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018 itu, sepanjang 3 kilometer.

Perjalanan dimulai dari depan Patung Pemuda Membangun, Senayan. Basuki baru tiba di lokasi sekitar pukul 17.47 WIB, setelah menempuh penerbangan dari Bali dalam rangka kunjungan kerja.

Baca juga: 31 Juli, Pekerjaan Trotoar di Sudirman-Thamrin Rampung

Dengan mengenakan kemeja batik warna merah bata dan rompi hijau, Basuki berjalan didampingi Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setyadi Moerwanto dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja.

Sepanjang perjalanan, seorang staf Bina Marga memberikan penjelasan kepada Basuki. Hingga di depan Mal Ratu Plaza, Basuki kemudian disambut Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar dan Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim.

Dalam perjumpaan tersebut, William menjelaskan progres beautifikasi jalur pedestrian di sekitar Stasiun Senayan yang menjadi porsi MRT.

“Nantinya bagian yang belum diselesaikan akan ditutup pagar dan dipasang banner  Asian Games,” kata William.

Ia juga menjelaskan sejumlah ruas jalan yang sebelumnya sempat rusak akibat pekerjaan konstruksi, kini telah diperbaiki. Setidaknya hal itu terlihat di sepanjang jalan depan Mal FX Senayan.

Sejumlah pekerja membersihkan trotoar di depan Hotel Le Meridien, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018) malam. Jalur pedestrian di sepanjang koridor ini kini tengah direvitalisasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.Kompas.com / Dani Prabowo Sejumlah pekerja membersihkan trotoar di depan Hotel Le Meridien, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018) malam. Jalur pedestrian di sepanjang koridor ini kini tengah direvitalisasi dalam rangka menyambut Asian Games 2018.
Sesuai dengan rencana, pekerjaan perbaikan jalan dan beautifikasi jalur pedestrian yang menjadi porsi MRT Jakarta ditargetkan rampung pada 21 Juli 2018.

Di sepanjang perjalanan, Basuki beberapa kali berhenti. Seperti di depan lokasi parkir Hotel Sultan, Stasiun Benhil dan terakhir di depan Hotel Le Meridien.

Di Stasiun Benhil, Basuki mengecek progres konstruksi dan mendapat penjelasan dari penanggung jawab proyek sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Basuki baru sampai di depan Hotel Le Meridien sekitar pukul 19.03 WIB atau setelah menempuh perjalanan kaki selama lebih kurang 76 menit.

Kepada awak media, pria berusia 63 tahun itu mengaku, masih cukup kuat melakukan perjalanan kaki meski jarak yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu cukup lama.

“Enggak (capek). Temen-temen aja enggak pada capek kan,” seloroh Basuki menjawab pertanyaan salah seorang awak media.

Basuki memastikan seluruh pekerjaan perbaikan trotoar dan jalan di sepanjang koridor itu selesai pada 31 Juli 2018. Sebab, pada saat sebagian kontingen Asian Games 2018 dikabarkan sudah mulai tiba di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com