Okupansi Hotel Berbintang di NTT Terus Meningkat

Kompas.com - 04/07/2018, 19:25 WIB
Hotel berbintang di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comHotel berbintang di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT), Maritje Pattiwaellapia mengatakan, tingkat hunian kamar hotel berbintang di NTT terus meningkat sepanjang lima bulan pertama tahun 2018.

Maritje menyebutkan, mulai dari Januari hingga Mei 2018, sebanyak 33.149 orang telah menginap di 25 hotel berbintang di wilayah ini.

Dia merinci, tingkat hunian kamar hotel berbintang memasuki Januari 2018 sebanyak 17.862 orang. Selanjutnya pada Februari 22.894 orang, dan Maret 29.716 orang.

Baca juga: Indonesia Lima Besar Pasar Hotel Asia Pasifik

"Kemudian April 31.997 hingga Mei sebanyak 33.149 orang," ungkap Maritje kepada sejumlah wartawan di Kupang, Rabu (4/7/2018).

Menurut Maritje, sektor perhotelan mengalami pertumbuhannya positif meskipun kontribusinya terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) belum terlalu besar.

Ke-25 hotel yang mengalami pertumbuhan tamu tersebar di Pulau Timor, Pulau Flores dan Pulau Sumba.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka yang menginap itu, kata Maritje, umumnya didominasi tamu domestik, seperti yang tercatat pada Mei sebanyak 31.276 orang, dibandingkan tamu mancanegara yang hanya berjumlah 1.873 orang.

Namun, untuk lama menginap atau length of stay masih didominasi tamu mancanegara dengan rata-rata 2,61 hari, sementara domestik rata-rata 1,55 hari.

"Tingkat hunian kamar hotel ini akan terus meningkat seiring pertumbuhan pembangunan hotel berbintang di NTT," tutup Maritje.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X