Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kiat Mudah Tentukan Meja Belajar yang Nyaman Bagi Anak

Kompas.com - 03/07/2018, 16:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Housefull

KOMPAS.com - Meja belajar menjadi salah satu perabot yang dibutuhkan anak usia belajar. Bahkan hingga dewasa, masih ada yang menggunakan satu meja belajar, baik untuk bekerja atau mengerjakan tugas kuliah.

Sebagian secara khusus menyiapkan meja belajar khusus sesuai usia anak. Namun banyak juga yang memutuskan untuk belajar di meja biasa.

Meja belajar terkadang menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan ruang tidur. Idealnya kamar memang dilengkapi dengan meja belajar, agar anak dapat berkonsentrasi dan tidak terganggu dengan aktivitas lain di dalam rumah.

Namun jika kamar anak terlalu sempit, meja bisa ditempatkan di ruangan lain di dalam rumah.

Satu hal yang perlu diingat ketika memutukan untuk memilih meja belajar bagi anak adalah faktor kenyamanan, termasuk dalam memilih kursi.

Dengan begitu, harus ada kesinambungan konsep antara ruang kamar, meja belajar, dan selera anak.

Harus Nyaman

Meja belajar juga harus nyaman, agar anak merasa betah saat belajar. Ajak anak ketika memilih warna dan model. Pilih warna yang ceria untuk meningkatkan semangat dan kreativitas mereka.

Agar anak nyaman dalam belajar, pilih meja belajar yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda terkait dengan meja yang nyaman, khususnya anak dengan kebutuhan khusus.

Sesuaikan meja dan kursi dengan tinggi badan atau panjang kaki anak, agar kaki tidak menggantung saat mereka duduk. Yang terpenting, meja harus memiliki ruang yang cukup untuk sandaran kaki atau untuk sekedar meregangkan badan.

Ilustrasi anak belajar mewarnaiKOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Ilustrasi anak belajar mewarnai

Juga Aman

Selain nyaman, meja belajar juga harus aman. Usahakan untuk tidak membuat atau memilih meja yang berujung runcing, tapi pilihlah yang membulat.

Agar tidak bosan, Anda bisa memilih desain meja berbentuk setengah lingkaran, atau dengan kaki meja yang berjumlah tiga buah.

Jangan lupa memilih material yang tidak membahayakan, misalnya kayu yang diberi lapisan. Untuk cat sebaiknya pilih yang mengandung unsur air, karena lebih aman.

Selain kayu, bisa juga memilih meja belajar yang terbuat dari plastik atau stainless.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com