4 Kiat Mudah Tentukan Meja Belajar yang Nyaman Bagi Anak - Kompas.com

4 Kiat Mudah Tentukan Meja Belajar yang Nyaman Bagi Anak

Kompas.com - 03/07/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi belajarYakobchukOlena Ilustrasi belajar

KOMPAS.com - Meja belajar menjadi salah satu perabot yang dibutuhkan anak usia belajar. Bahkan hingga dewasa, masih ada yang menggunakan satu meja belajar, baik untuk bekerja atau mengerjakan tugas kuliah.

Sebagian secara khusus menyiapkan meja belajar khusus sesuai usia anak. Namun banyak juga yang memutuskan untuk belajar di meja biasa.

Meja belajar terkadang menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan ruang tidur. Idealnya kamar memang dilengkapi dengan meja belajar, agar anak dapat berkonsentrasi dan tidak terganggu dengan aktivitas lain di dalam rumah.

Namun jika kamar anak terlalu sempit, meja bisa ditempatkan di ruangan lain di dalam rumah.

Satu hal yang perlu diingat ketika memutukan untuk memilih meja belajar bagi anak adalah faktor kenyamanan, termasuk dalam memilih kursi.

Dengan begitu, harus ada kesinambungan konsep antara ruang kamar, meja belajar, dan selera anak.

Harus Nyaman

Meja belajar juga harus nyaman, agar anak merasa betah saat belajar. Ajak anak ketika memilih warna dan model. Pilih warna yang ceria untuk meningkatkan semangat dan kreativitas mereka.

Agar anak nyaman dalam belajar, pilih meja belajar yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda terkait dengan meja yang nyaman, khususnya anak dengan kebutuhan khusus.

Sesuaikan meja dan kursi dengan tinggi badan atau panjang kaki anak, agar kaki tidak menggantung saat mereka duduk. Yang terpenting, meja harus memiliki ruang yang cukup untuk sandaran kaki atau untuk sekedar meregangkan badan.

Ilustrasi anak belajar mewarnaiKOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Ilustrasi anak belajar mewarnai

Juga Aman

Selain nyaman, meja belajar juga harus aman. Usahakan untuk tidak membuat atau memilih meja yang berujung runcing, tapi pilihlah yang membulat.

Agar tidak bosan, Anda bisa memilih desain meja berbentuk setengah lingkaran, atau dengan kaki meja yang berjumlah tiga buah.

Jangan lupa memilih material yang tidak membahayakan, misalnya kayu yang diberi lapisan. Untuk cat sebaiknya pilih yang mengandung unsur air, karena lebih aman.

Selain kayu, bisa juga memilih meja belajar yang terbuat dari plastik atau stainless.

Multifungsi

Jika anak memiliki beberapa gadget seperti komputer, laptop atau smartphone, maka meja belajar yang pas adalah yang mampu menampung semua barang elektronik yang dimiliki.

Meja juga harus memiliki tempat yang cukup untuk beberapa barang pribadinya. Berbagai buku, peralatan belajar dan sekolah juga harus disimpan di tempat yang sama agar tidak merepotkan saat belajar.

Semakin banyak tempat penyimpanan, maka semakin nyaman meja. jangan lupa untuk memberikan label di setiap laci atau kabinet supaya tidak lupa saat dibutuhkan.

Penempatan

Meja belajar sebaiknya dilengkpai dengan pencahayaan yang baik. Jika memungkinkan, tempatkan di dekat jendela agar mendapatkan pencahayaan alami di pagi hari.

Sesuaikan pula dengan luas ruangan agar ada ruang gerak dan aktivitas seusianya.



Close Ads X