"Venue" Asian Games dan Penataan Kawasan GBK Senayan Rampung Juli 2018

Kompas.com - 24/06/2018, 21:00 WIB
Dengan menggunanakan golf car, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek kesiapan penataan Kompleks GBK. Kompas.com / Dani PrabowoDengan menggunanakan golf car, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek kesiapan penataan Kompleks GBK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh pekerjaan venue dan sarana-prasaran penunjang Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan ditargetkan rampung bulan depan atau Juli 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk venue, tinggal arena squash yang masih dikerjakan hingga kini.

"Squash sedang dalam pelaksanaan, sudah 92 persen," kata Basuki usai meninjau Kompleks GBK, Minggu (24/6/2018).

Baca juga: Basuki Desak Pemprov DKI Percepat Konstruksi Trotoar Sudirman

Adapun di luar venue, pekerjaan yang hingga kini masih dikebut seperti pembangunan dua elevated parking, serta penataan kawasan GBK.

Penataan kawasan ini meliputi pekerjaan cauldron, area pedestrian, 12 sculpture yang akan diletakkan di koridor Plaza Timur, serta mushola yang dilengkapi food court dan toilet.

"Jadi saya kira Juli selesai. Kawasan semua juga sudah oke. Karena tadi, untuk toilet saniter sudah ada, tapi kalau dipasang sebelum Lebaran takutnya hilang, jadi semua sudah siap," kata Basuki.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khusus sculpture, Basuki menambahkan, pekerjaannya telah selesai, namun belum dipasang. Sculpture tersebut dirancang oleh arsitek Yori Antar.

Ke-12 sculpture yang akan dipasang menampilkan gestur ikonik dari 12 cabang olahraga, seperti bulutangkis, lempar lembing, sepakbola, pencak silat, renang, lari, dan voli.

Sculpture tersebut disusun dengan gradasi ketinggian mulai dari air hingga lompatan di udara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X