Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Siang Ini

Kompas.com - 16/06/2018, 12:33 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comLalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik yang ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta, tampak lancar pada Sabtu (16/6/2018) pukul 11.30 WIB.

Menurut pantauan Kompas.com, kondisi itu terlihat mulai dari Cawang Km 0 sampai ke Km 6 arah Cikampek. Pengemudi bisa memacu kendaraannya di atas 80 km per jam.

Laju kendaraan mulai lambat dengan kecepatan 20 sampai 40 km per jam mulai dari Km 7 mendekati daerah Cikunir, Bekasi.

Kemacetan mulai terasa di Km 8+200, di samping GT Pondok Gede Timur 1, bahkan kendaraan harus berhenti beberapa detik.

Hingga di Km 9, yang di sisi luarnya terdapat Gerbang Tol (GT) Cikunir 4, kepadatan lalu lintas tetap terlihat. Pengemudi sesekali masih harus menghentikan kendaraannya dan hanya bisa melaju maksimal 20 km per jam.

Kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (16/6/2018) siang.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kemacetan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (16/6/2018) siang.

Memasuki Km 10, kemacetan makin terasa karena penambahan kendaraan yang masuk dari arah Jati Asih dan Bintara bergabung dengan kendaraan lain yang sudah masuk dari arah Cawang.

Lalu lintas semakin padat lagi di Km10+800 disebabkan penyempitan lajur dari 4 lajur menjadi 3 lajur karena di bagian tengah antara jalur A dan B ada proyek pembangunan elevated toll.

Sampai akhirnya Kompas.com keluar di GT Bekasi Barat di Km 12+400, kepadatan masih terlilhat.

Baca juga: Lebaran Jumat Sore, Lalu Lintas di Tol Jakarta ke Cikampek Padat

Sementara itu, menurut informasi dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk siang ini, contraflow diberlakukan mulai Km35+600 sampai Km 47 ke arah Cikampek mulai pukul 09.45 WIB.

Pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini atas kerja sama dengan kepolisian yang diharapkan dapat memecah kepadatan menjelang rest area di Km 39 arah Cikampek karena hingga siang ini kondisinya padat.

Media Relations Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Herald Galingga mengatakan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiagakan petugas di lapangan dan rambu-rambu lalu lintas.

“Pengguna jalan tol diimbau agar selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu lalu lintas, dan mengikuti arahan petugas di lapangan,” ujar Herald Galingga dalam pesan tertulisnya, Sabtu siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com