Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Jumat Sore, Lalu Lintas di Tol Jakarta ke Cikampek Padat

Kompas.com - 15/06/2018, 16:53 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari arah Cawang ke Cikampek masih tampak padat pada hari H Lebaran 2018, Jumat (15/6/2018) menjelang pukul 16.00 WIB.

Dari pantauan Kompas.com, di sekitar Km 9, terlihat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah sekitar 20-30 km per jam, bahkan sesekali berhenti karena kemacetan yang terjadi.

Menurut informasi dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Cikampek, sempat diberlakukan contraflow dari Km 35+600 sampai Km 47 arah Cikampek sejak sekitar pukul 13.00 WIB.

Hal ini dilakukan atas kerja sama dengan kepolisian untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, khususnya dampak dari bottleneck di Km 37+800.

Petugas dan rambu-rambu jalan pun disiapkan untuk memperlancar contraflow.

Sesaat kemudian kebijakan contraflow dari Km 35+600 sampai Km 47 arah Cikampek itu dihentikan pada pukul 14.15 WIB.

Sebab, setelah lebih kurang satu jam, contraflow berhasil mengurai kepadatan menjelang rest area Km 39 arah Cikampek.

Baca juga: Jumat Siang, Kendaraan Padat di Beberapa Titik Tol Jakarta-Cikampek

Selain itu, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga melakukan pengalihan arus kendaraan untuk menyebar lalu lintas kendaraan.

“Kendaraan dari Km 28 dialihkan keluar melalui GT Cikarang Barat 3, kemudian masuk lagi ke arah Cikampek melalui GT Cikarang Barat 1,” ujar Media Relations Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Herald Galingga melalui pesan tertulisnya, Jumat sore.  

Pengalihan arus kendaraan ini  bersifat sementara, tergantung situasi yang terjadi.

Pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu di jalan, dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke arah Jakarta atau Cawang pada Jumat (15/6/2018) sore.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke arah Jakarta atau Cawang pada Jumat (15/6/2018) sore.

Sementara itu, masih dari pantauan Kompas.com, lalu lintas dari Pintu Tol Bekasi Barat ke arah Jakarta atau Cawang menjelang pukul 16.00 WIB juga tampak padat. Kendaraan baru bisa melaju lebih kencang mulai dari Km 10.

Kepadatan ini terjadi karena banyak kendaraan keluar di gerbang tol terdekat ke arah Tol JORR, Jati Asih, dan Bintara sehingga memperlambat lajunya. Selain itu, hujan deras turun di Bekasi sejak pukul 14.30 WIB ikut memperlambat laju kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com