Naik Truk, Basuki Fungsikan Jembatan Kalikuto - Kompas.com

Naik Truk, Basuki Fungsikan Jembatan Kalikuto

Kompas.com - 13/06/2018, 17:17 WIB
Truk penanda diresmikannya Jembatan Kalikuto melintas di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Truk penanda diresmikannya Jembatan Kalikuto melintas di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.

SEMARANG, KOMPAS.com - Jembatan Kalikuto di tol fungsional Batang-Semarang akhirnya dibuka Rabu (13/6/2018) sore pukul 15.30 WIB ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memfungsikan secara simbolis jembatan itu dengan menaiki sebuah dump truck. Dengan lancar, truk seberat 16 ton itu berhasil melewati rangka baja di jembatan tersebut.

"Mudah-mudahan dibukanya Jembatan Kalikuto bisa membantu pemudik, tidak perlu keluar ke jalan nasional arteri. Jembatan ini aman," kata Basuki.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa, Pulang ke Kampung Indonesia

Jembatan yang baru selesai pekerjaan sambungannya ini akan dibuka satu jalur satu lajur dari arah Jakarta menuju Semarang.

Begitu resmi difungsikan, jembatan langsung diserbu pemudik yang menjajal bangunan ikonik tol Batang-Semarang itu.

Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang dibuka pada H-2 Lebaran, Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang dibuka pada H-2 Lebaran, Rabu (13/6/2018).
Beberapa pemudik bahkan tampak bersalaman dengan Basuki.

"Nanti difungsikan satu lajur. Nanti saya lewat dulu naik truk," kata dia.

Basuki menambahkan, pembukaan jembatan Kalikuto diperlukan untuk melayani masyarakat secara lebih baik. Jembatan itu diproyeksikan tuntas dikerjakan pada Oktober 2018 mendatang.

"Jembatan ini dibuka 24 jam. Jembatan kuat menahan bobot 16 ton, eskavator juga lewat," tambahnya.

Pembukaan pada Rabu ini tepat seperti yang disampaikan Basuki sebelumnya. Kala itu, Basuki menjanjikan jembatan bakal dibuka pada H-2 Lebaran. 

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:

Kompas Video Tim Merapah Trans-Jawa 3 Kompas.com menelusur hingga ruas terakhir Tol Trans-Jawa.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close Ads X