Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Sore Ini, Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam

Kompas.com - 13/06/2018, 15:59 WIB
Hilda B Alexander,
Erwin Hutapea

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com – Pada Rabu (13/6/2018) sekitar pukul 15.30 WIB, Jembatan Kalikuto di ruas tol Batang-Semarang resmi difungsikan.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditandai dengan pemberian penghargaan kepada badan usaha jalan tol (BUJT) yakni PT Jasamarga Semarang Batang yang telah mengerjakan Jembatan Kalikuto sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Janji saya H-2 Lebaran jembatan ini bisa difungsikan tercapai,” ujar Basuki Hadimuljono saat ditemui di lokasi Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/2018) sore.

Jembatan Kalikuto sebelumnya merupakan titik kritis dari jalan tol sepanjang 75 kilometer tersebut yang menghubungkan Batang dengan Semarang.

Baca juga: Demi Jembatan Kalikuto Tersambung, Arie Tidur Hanya 3 Jam

Sebelum resmi difungsikan, JSB melakukan uji fungsi loading test dengan menggunakan kendaraan berat backhoe seberat 17 ton pada Selasa (12/6/2018) malam dan hasilnya dari aspek keamanan dinyatakan aman untuk dilintasi.

Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/6/2018). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan tersebut untuk dilalui kendaraan pemudik menuju ke Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya tanpa keluar di exit Gringsing.
Jembatan berbobot 2.400 ton ini difungsikan satu jalur satu lajur ke arah Semarang untuk para pemudik mulai sore ini dan berfungsi selama 24 jam.

"Namun, jembatan akan ditutup pada Minggu lusa untuk persiapan arus balik Senin (18/6/2018)," kata Direktur Utama PT JSB Arie Irianto.

Untuk arus balik, jembatan ini berfungsi pada Senin (18/6/2018) selama 24 jam, juga berlaku satu jalur satu lajur.

Dengan demikian, pemudik bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tanpa keluar di exit Grinsing. Demikian pula arah sebaliknya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com